Lima Negara Tak Populer di Eropa yang Wajib Dikunjungi

Silvia Galikano, CNN Indonesia | Selasa, 12/01/2016 09:17 WIB
Eropa Timur punya banyak destinasi tak terduga yang membuat Anda serius ingin ke sana. Kota Kotor di Montenegro. (CNNIndonesia GettyImages/Batareykin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Negara-negara di Eropa Timur tak sepopuler Eropa Barat sebagai destinasi wisata. Padahal di sana ada banyak destinasi tak terduga yang membuat Anda serius ingin ke sana.

Kota-kotanya sangat cantik dengan harga akomodasi relatif terjangkau seperti dirangkum Travel Freedom Network. Jadi tunggu apa lagi? Segera pesan tiket, dan bersiaplah dengan pengalaman luar biasa tahun ini.

1. Kosovo


Kosovo, khususnya kota Prizren, adalah tempat favorit baru di Eropa. Datanglah pada November, saat musim dingin mulai mendekat dan udara semakin dingin.

Masyarakat tetap menikmati waktu, menikmati sinar matahari yang terbatas setiap harinya. Kita akan lihat masyarakat minum kopi di sejumlah warung kopi di segala penjuru kota, restoran penuh setiap malam, dan bar menawarkan minuman murah serta atmosfer tenang.

Yang wajib dilihat adalah pemandangan dari Benteng Kalaja. Jika hari terang, berpiknik dan berbaurlah dengan penduduk. Mereka umumnya senang berbincang dengan orang asing.

Fakta unik: Kosovo adalah negara termuda pada abad ke-21. Negara ini secara resmi mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia pada 17 Februari 2008.

2. Albania

Kota-kota pesisir “Albanian Riviera” populer dikunjungi pada bulan-bulan hangat. Negara ini cantik alami yang sayang dilewatkan jika Anda mengambil trip Eropa.

Masyarakatnya hangat dan sangat ringan tangan, mau membantu orang asing yang butuh pertolongan.

Kekhasan Albania adalah daging anak sapi. Coba juga pilaf Albania, yakni nasi yang dimasak bersama kaldu berbumbu. Biasanya seharga US$1 atau setara Rp14 ribu untuk porsi kecil.

Fakta unik: Albania, Armenia, Makedonia, dan Vatican City adalah negara-negara di Eropa yang tak punya cabang restoran McDonald.

3. Republik Makedonia

Yang pertama  perlu diketahui adalah ada dua Makedonia di Eropa. Keduanya bersisian. Yang pertama adalah Republik Makedonia, kadang disebut Republik Makedonia Bekas Yugoslavia atau FYROM. Yang satu lagi berada di Yunani. Jangan terbalik.

Ibu kota Republik Makedonia adalah Skopje. Walau kota ini sedang renovasi besar-besaran, tetap saja indah untuk dikunjungi.

Anda dapat menelusuri jalan-jalan, mengagumi arsitektur dan jembatannya, atau langsung ke kawasan Old Bazaar atau Bit Pazar untuk merasakan suasana pasar lokal.

Pastikan Anda mencoba pastrmajlija, adonan pie goreng yang ditutup garam dan potongan daging berbentuk dadu, kadang keju dan telur.

Anda akan temukan pastrmajlija yang bertabur bubuk cabe di ujungnya. Hidangan ini demikian enak hingga ada festivalnya setiap musim gugur. Porsi kecil seharga US$3 dan itu sudah cukup mengenyangkan dua orang.

Fakta unik: dari seluruh kawasan Yugoslavia, Makedonia adalah satu-satunya negara yang mendapat kemerdekaan secara damai.

4. Montenegro

Montenegro adalah salah satu tujuan wisata paling pesat di Balkan. Negara ini menawarkan garis pantai yang cantik, pegunungan yang menakjubkan, dan kota tua bersejarah yang seru untuk dijelajahi.

Dibanding negara-negara lain di Balkan, Montenegro terbilang lebih mahal. Pada musim panas, harga-harga selangit. Namun begitu musim sepi turis, harga akomodasi bahkan dapat ditawar.

Hidangan laut, khususnya cumi-cumi yang dikenal dengan nama lignje, lumayan populer di Montenegro. Karena lokasinya, makanan lokal Montenegro mendapat banyak pengaruh Italia, disusul Turki di tempat ke-dua.

Kulinernya juga berkisar pada produk-produk segar, seperti minyak zaitun, buah zaitun, dan keju, yang semuanya lezat.

5. Rumania

Masyarakat Rumania ramah, pedesaannya menawan, dan biaya hidup di sana masuk akal. Lagi pula pernah mengunjungi kastil Drakula akan membuat Anda lebih keren dibanding kawan-kawan, kan?

Perlu diketahui ketika mencari makan di Rumania, Anda tak akan meninggalkan restoran dalam keadaan lapar. Makanan Rumania luar biasa enak, porsinya juga gila.

Pastikan Anda mencoba mititei, yakni daging cincang-gulung panggang. Cicipi juga sarmale, yakni daging cincang dan nasi yang dibungkus acar kubis atau daun anggur, disajikan dengan beberapa iris ham atau bacon. Untuk hidangan penutup, pesanlah papanasi, sejenis donat rebus/goreng yang disiram selai dan krim.

Fakta unik: pada 1889, Kota Timisoara, Rumania, jadi kota pertama di Eropa yang punya lampu jalan.

(sil)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK