LAPORAN DARI SPANYOL

Kuliner Khas Padang Fusion Diboyong ke Spanyol

Burhan Abe, CNN Indonesia | Sabtu, 16/01/2016 16:40 WIB
Dalam upaya memperkenalkan makanan Indonesia khususnya Padang ke tingkat dunia, makanan Padang diboyong ke Spanyol dalam ajang Madrid Fusion. KBRI Madrid kembali ikut ambil bagian dalam mengenalkan kuliner tradisional Nusantara di Madrid, Spanyol, 24 Januari 2016. Kali ini masakan Padang menjadi andalan KBRI Madrid memperkenalkan kekayaan kuliner Indonesia. (Dok. Burhan Abe)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kuliner Indonesia sudah sudah makin populer. Bahkan bisa dikatakan, kuliner Indonesia merupakan salah satu industri yang berkembang pesat. Dalam upaya mengenalkan makanan Indonesia ke tingkat dunia, Indonesia, melalui KBRI Madrid, kembali ikut ambil bagian dalam mengenalkan kuliner tradisional Nusantara di ajang Madrid Fusion, Palacio de Congresso Madrid 25 – 27 Januari 2016.

“Spanyol merupakan negara yang sangat menghormati budaya kuliner,” ujar Yuli Mumpuni Widarso, Dubes RI untuk Spanyol.

Hal ini, katanya, terlihat pada komitmen berbagai pihak di negara tersebut, mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Otonom, hingga kalangan ahli kuliner dan pengusaha kuliner yang terus mengembangkan dan mempromosikan budaya kuliner mereka. Salah satunya adalah lewat ajang “Madrid Fusion.”
Dok. Burhan Abe



Perkenalan makanan tradisional Indonesia ini salah satunya berlangsung dalam format jamuan santap siang di Restoran El Jardin, Hotel Intercontinental, Madrid. Selain santap siang, masakan Indonesia juga akan diperkenalkan lewat kegiatan demo masak. Demo masak sendiri akan dilakukan oleh calon chef di Gredos San Diego Gastronomy School, Madrid, Spanyol.

Kali ini, menu yang dibawa mewakili Indonesia di Madrid adalah makanan khas Padang dari Marco Padang. Marco Padang adalah restoran makanan Padang yang diolah dalam bentuk fusion sehingga makanan Padang jadi naik kelas dan lebih modern.

Tak sekadar bertujuan untuk perkenalan saja, pemerintah Indonesia berencana untuk menjadi tuan rumah ajang kuliner dunia tersebut. Pihak panitia sedang berupaya agar Indonesia akan menjadi tuan rumah Madrid Fusion 2018 di Bali.

Dalam ajang internasional ini, ada banyak chef dan pengusaha restoran dari seluruh dunia yang hadir. Di antaranya adalah Josep Roca (Spanyol), Virgilio Martinez (Peru), Paco Morales (Spanyol), David Thompson (Thailand), Quico Sosa (Spanyol), Jaime David Rodriguez (Kolombia), Tatsuo Nishizawa (Jepang), dan lainnya.

dok. Burhan Abe


(chs/chs)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK