Mengapa Ada Warna yang Disebut 'Khaki'?

Christina Andhika Setyanti | CNN Indonesia
Rabu, 17 Feb 2016 15:05 WIB
Anda pasti akrab dengan sebutan nama khaki. Namun tahukah Anda bagaimana asal-usul penamaan warnanya? ilustrasi (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penggemar fesyen pasti bisa mendeskripsikan warna khaki. Kebanyakan Anda mungkin menjelaskannya sebagai warna menyerupai krem namun lebih ringan daripada warna cokelat. Ada juga yang menyebutnya sebagai warna beige.

Warna ini juga jadi warna pilihan Kanye West ketika meluncurkan koleksi Yeezy season 2 tahun lalu. Namun pernahkah berpikir mengapa warna itu disebut sebagai khaki?

"Anda bisa berterima kasih pada Sir Henry Lawrence," kata desainer busana pria, Mark McNairy, dikutip Huffington Post dalam bukunya yang berjudul  F--k Ivy And Everything Else.


Dalam bukunya, McNairy menuliskan sedikit penjelasan tentang asal-usul warna khaki. Lawrence adalah seorang perwira Inggris yang bertugas di India pada tahun 1840-an. Saat bertugas di India dalam kondisi panas yang ekstrem, dia memutuskan untuk menggunakan piyama ringan saat bertugas. Piyama ini pun disamarkan agar menyerupai seragamnya. Dia melapisinya dengan kotoran, khaki. Dalam bahasa Urdu, khaki berarti warna tanah. Teman-temannya mengikuti caranya dan ini pun diikuti banyak tentara di seluruh dunia.

Namun asal-usul sejarah khaki ini juga ada versi lainnya. Dalam buku Uncle John's Bathroom Reader juga melaporkan bahwa tentara Inggris memang melapisi celananya dengan warna tanah. Namun mereka menyebutkan nama Letnan Harry Lumsden, asisten Lawrence sebagai pencetus hal tersebut.

Merek celana jins, Levi's juga mengungkapkan persetujuannya bahwa British Indian Army-lah yang menemukan warna ini pada tahun 1846. Mereka menyebutkan bahwa tentara ini menggunakan teh dan kari sampai lumpur untuk mengubah warna celanannya jadi cokelat. Mereka mengungkapkan bahwa khaki berasal dari Hindi yang berarti debu atau berdebu.

Bicara soal warna khaki pasti tak lengkap kalau tak bicara chinos. Kemunculan awal chinos ini merupakan 'turunan' dari warna khaki.

"Chinos itu dimodelkan setelah seragam militer Inggris," kata McNairy.

"Namun ketika ada kebutuhan untuk melestarikan kain, celana chinos memiliki celana bagian depan yang lurus, dan juga kantong."

(chs/chs)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER