Rahasia Membuat Roti Panggang Renyah dan Keemasan

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 03/03/2016 06:07 WIB
Untuk membuat roti yang renyah dan berwarna cokelat keemasan saat dipanggang sebenarnya hanya butuh satu trik mudah dan praktis. Ilustrasi roti (CNN Indonesia Internet/Pexels)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sulit memang membandingkan kepraktisan roti bakar untuk sarapan dengan jenis makanan lainnya. Saat akan mengolah roti, Anda hanya perlu mengambil beberapa lembar roti dan mengolesnya dengan selai atau mentega dan gula serta cokelat butiran.

Jika ingin yang lebih enak dan punya sedikit waktu luang, roti bakar bisa jadi pilihan yang lebih "mewah."

Satu yang pasti, roti yang enak akan menjadi nikmat untuk sarapan jika rotinya sendiri juga enak. Salah satu rahasia untuk membuat roti panggang yang enak adalah dengan penyimpanan yang tepat.


Mengutip NYTimes, cara terbaik untuk menyimpan roti bukanlah menyimpannya dalam alumunium foil, plastik atau kantung kertas. Menyimpannya di dalam lemari atau wadah roti juga bukan tempat yang sempurna. Cara terbaik untuk menyimpan roti adalah dengan lemari es. Penyimpanan yang sempurna adalah penyimpanan dalam kondisi terpotong.

Pemotongan adalah hal terpenting dalam hal ini. Penyimpanan dengan cara ini akan membuat roti jadi lebih awet. Pendinginan akan membuat roti bertahan lebih lama dan jamur tak akan cepat tumbuh.

Saat akan dipakai, Anda bisa "mencairkan" kembali. Dengan cara ini akan "meniru" roti segar dari oven. Proses pemotongan roti per lembar ini juga akan membuat Anda jadi lebih rata awetnya.

Jadi kapan pun Anda butuh roti, tinggal keluarkan selembar roti dari lemari es dan masukkan ke dalam pemanggang. Hasilnya, roti yang renyah dan berwarna cokelat keemasan usai dipanggang.

(chs/les)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK