'Hachiko' Amerika, Menanti Sang Pemilik yang Tewas Terbunuh

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Senin, 07/03/2016 19:00 WIB
Anjing German Shepherd di Houston membuat jutaan netizen terharu karena kesetiaannya menanti tuannya yang tewas tertembak perampok. Ilustrasi. (tomorrowscommunity/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ingat Hachiko? Anjing shiba inu di Jepang yang terkenal karena kesetiaannya. Semenjak pemiliknya meninggal, Hachiko terus setia menunggu di stasiun kereta api, hingga ajal menjemput.

Kisah serupa terjadi di Houston, Amerika Serikat. Seekor anjing German Shepherd menunjukkan kesetiaan serupa. Anjing tersebut terus duduk menunggu di depan pintu apartemen selama berminggu-minggu, padahal pemiliknya tewas tertembak dalam sebuah perampokan bersenjata, dan tidak akan pernah pulang.

Melansir laman Oddity Central, Hatem Abuharbid (54) tewas pada tanggal 7 Februari 2016 karena toko serba ada tempat dia bekerja, dirampok. Pelaku perampokan yang berjumlah dua orang menembak Abuharbid di kaki. Dia tewas di rumah sakit karena perdarahan.


Sementara di rumah, anjing milik Abuharbid menanti tuannya di depan pintu, seperti kebiasaannya setiap hari.

Tak tahu apa yang terjadi, anjing tersebut terus menanti. Satu minggu, dua minggu, hingga nyaris satu bulan, dia duduk di depan pintu.

“Dia terus menunggu disitu, dia tidak tahu Abuharbid telah tiada. Dia terus duduk menunggu pemiliknya pulang,” kata Cassandra Eubanks, tetangga Abuharbid.

Eubanks mengatakan terkadang anjing itu akan mengonggong dan mengikuti sebuah mobil yang berhenti dekat apartemen, tapi ketika dia sadar itu bukan Abuharbid, dia terlihat sedih. “Ekornya turun dan dia kembali duduk,” ujar Eubanks.

Para tetangga Abuharbid yang kasihan pada anjing tersebut, bergantian memberinya makan dan minum. Ada juga yang berniat mengadopsinya, tapi anjing itu bergeming. Dia tetap menunggu di depan pintu.

Oleh karena itu, mereka berinisiatif dan meminta bantuan lewat sosial media.

Maranda Perez yang membaca cerita itu, langsung datang bersama anjingnya. Dia berusaha selama satu jam untuk mendapatkan kepercayaan si anjing. Tapi, belum berhasil upayanya, anjing German Shepherd itu memilih kabur. Tak lama, dia kembali duduk di depan pintu.

“Saya sangat kasihan melihat anjing itu kehilangan pemilik dan teman baiknya. Dia terlihat sangat sedih bahkan gemetar ketika saya menyentuhnya,” kata Perez.

Tapi, Perez terus berusaha. Akhirnya dia bisa mendapatkan kepercayaan si anjing untuk membawanya pulang dan merawatnya di rumah.

“Adik Abuharbid akan datang dan mengadopsinya,” sebut Perez.

Selain sang German Shepherd dan Hachiko, ada banyak kisah anjing setia. Pada 2012, internet diramaikan oleh Capitan, seekor anjing yang tidak mau meninggalkan makam pemiliknya selama enam tahun. Ada juga Huachito, yang setia menunggu sang pemilik yang telah meninggal hingga lima tahun lamanya. Sementara Shavi, berjalan hingga 300 kilometer untuk kembali pada orang yang menyelamatkan hidupnya.

[Gambas:Youtube] (les)