Indonesia Fashion Week 2016

'Dagelan' Mode Selebriti Layar Kaca

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Jumat, 11/03/2016 17:56 WIB
'Dagelan' Mode Selebriti Layar Kaca Rossa menampilkan koleksi bertajuk 'Kinanti' di Indonesia Fashion Week, Jakarta Convention Center, Kamis 10 Maret 2016. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia Fashion Week tahun ini kedatangan beberapa wajah baru, di antaranya adalah para artis Ibukota yang biasa tampil di layar kaca. Mereka adalah Raffi Ahmad, Rossa, dan Melly Goeslaw yang kemudian berbagi runway dengan Ivan Gunawan, dalam memamerkan kebolehan selera mode mereka di fashion show 'Star on Famous’.

Dalam peragaan busana yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Kamis (10/3), Raffi, Rossa, dan Melly menunjukkan koleksi mereka, mulai dari bertema jalanan, hingga abstrak.

Raffi untuk kali pertama meluncurkan koleksinya di runway IFW. Suami Nagita Slavina tersebut biasanya hanya dikontrak sebagai duta iklan sebuah lini busana, kini Raffi mencoba keahliannya yang lain di luar pembawa acara musik pagi hari dan penyanyi. Ia meluncurkan lini bernama RA Jeans pada Oktober 2015 lalu.
Model memeragakan pakaian R&A milik Raffi Ahmad di panggung cat walk pada perhelatan Indonesia Fashion Week 2016 di Balai Sidang Jakarta, Kamis 10 Maret 2016. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Sesuai namanya, RA Jeans menampilkan koleksi yang dapat dikenakan bersama bahan denim. Raffi menyebutkan bahwa labelnya tersebut menyediakan beberapa jenis busana kasual seperti T-shirt, denim, jaket, dan sweater hoodie dengan bahan yang diyakini merupakan bahan berkualitas terbaik tapi berbiaya murah.


Sayangnya, Raffi justru seperti membuat peragaan mode selevel Indonesia Fashion Week yang mengusung budaya nusantara seperti sebuah ‘dagelan’ dengan konsep busana yang sulit dipahami.

Model pakaian dari RA yang ditampilkan malam tadi terasa hambar konsep. Hanya bermodal bentuk kaus yang nyaman ketika dikenakan saat cuaca gerah dan panas, koleksi dari Raffi pun cuma berhiaskan lambang lini modenya tersebut.

Bentuk pakaian yang tak konsisten membuat koleksi tersebut lari dari makna street style, apalagi hip-hop atau pop. Singkat kata, usaha Raffi gagal.

Padahal, dengan harga yang dipatok Raffi mulai dari Rp99 ribu hingga Rp349 ribu, dia bisa memulai gerakan busana murah namun tetap trendi.
Titi DJ memeragakan busana koleksi Rossa di Indonesia Fashion Week 2016 di Balai Sidang Jakarta, Kamis 10 Maret 2016. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Di sisi lain, Rossa menunjukkan kebolehannya dalam merancang busana. Koleksinya kali ini bernama ‘Kinanti’ yang terinspirasi dari sebuah tembang asal Sunda. Rossa sendiri mengatakan bahwa ‘Kinanti’ berarti cantik, dan ia jelas cukup berhasil menunjukkan hal tersebut.

Penyanyi mungil ini memilih warna-warna yang didominasi kombinasi pastel yang memunculkan kesan kalem dan girly. Pilihan motif yang beragam juga membuat koleksinya tampil chic.

Satu hal yang perlu digarisbawahi, Rossa tak melupakan unsur budaya dalam konsep yang ia buat. Ia mengaku memilih beberapa ikon flora dan fauna Indonesia sebagai pemanis, seperti angrek hitam yang langka dan kupu-kupu. Ia juga memasukkan motif megamendung yang menjadi sentuhan dramatis pada koleksinya.

Beberapa baju Rossa buat dengan menggunakan bahan satin sehingga tampil elegan. Fashion show Rossa juga diramaikan Titi DJ yang tampil sebagai salah satu model.
Model memeragakan busana koleksi Ivan Gunawan dengan tema 'Jajaka' di panggung Indonesia Fashion Week 2016 di Balai Sidang Jakarta, Kamis 10 Maret 2016. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Sudah pernah tampil dengan koleksi ‘Jajaka’ sebelumnya, Ivan Gunawan tampak makin mantap menggarap busana pria. Dia mengombinasikan berbagai macam motif batik dalam sebuah kemeja ready-to-wear.

Kadang Ivan membuat tiga atau lebih campuran motif dalam sebuah baju, sebut saja batik lurik, parang, dan flora serta fauna. Pilihan warnanya, Ivan masih bermain aman dengan warna kalem seperti coklat ataupun warna pastel.
Koleksi Melly Goeslaw di Indonesia Fashion Week 2016. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Adapun Melly Goeslaw tampil dengan ciri khasnya, busana eksentrik. Melalui label Aleabe, Melly menggunakan konsep free style dan androgyny.

Vokalis Potret ini menggunakan banyak model pakaian oversized seperti jaket kebesaran, kaus dengan bawahan lengan lebar dan tambahan tambalan kain. Ada juga serta baju yang terinspirasi kimono namun dengan ekstra ‘ekor’ dan lubang tangan yang besar sehingga seolah-olah berbentuk dress.

Melly tak banyak bermain motif dalam koleksinya ini. Seperti pada penampilannya di atas panggung, dominasi menggunakan berbagai macam bahan kain perca yang kemudian ditambal serta ditumpuk dalam sebuah kain, sangat terlihat dalam koleksi yang ia sebut 'collection of style'. (les/les)