Indonesia Fashion Week 2016

Interpretasi Mode Selebriti di IFW 2016

Safir Makki, CNN Indonesia | Jumat, 11/03/2016 14:55 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Panggung mode bukan hanya milik desainer, selebriti pun ikut ambil bagian. Di IFW 2016, Raffi, Rossa dan Melly Goeslaw menjajal bakat sebagai perancang.

Titi DJ meramaikan fashion show Rossa di Indonesia Fashion Week, Kamis (10/3). Di pergelaran tersebut, Rossa mengambil tema 'Kinanti' yang terinspirasi dari tembang sunda. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Rossa mengatakan bahwa ‘Kinanti’ berarti cantik dan ia menunjukkannya lewat busana feminin dalam warna-warna cerah namun lembut. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Rossa tak melupakan unsur budaya dalam konsep yang ia buat. Ia mengaku memilih beberapa ikon flora dan fauna Indonesia sebagai pemanis, seperti angrek hitam yang langka dan kupu-kupu. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Secara garis besar, Rossa berhasil menerjemahkan arti cantik 'Kinanti' dengan baik. Di IFW 2016, Rossa berbagi panggung mode dengan Raffi Ahmad, Ivan Gunawan dan Melly Goeslaw. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Mudah saja mengetahui gaya rancangan Melly Goeslaw. Pasalnya, Melly menyajikan koleksi dengan gaya khasnya, eksentrik. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Melalui label Aleabe, Melly menggunakan konsep free style dan androgyny. Dia menggunakan banyak model pakaian oversized  seperti jaket kebesaran, kaus dengan bawahan lengan lebar dan tambahan tambalan kain. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Ada juga serta baju yang terinspirasi kimono namun dengan ekstra ‘ekor’ dan lubang tangan yang besar sehingga seolah-olah berbentuk dress. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Melly tak banyak bermain motif dalam koleksi yang ia sebut 'collection of style', melainkan menggunakan berbagai macam bahan kain perca yang kemudian ditambal serta ditumpuk. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Di sisi lain, Ivan Gunawan menunjukkan keseriusan dalam menggarap busana pria. Di panggung IFW, dia tampil dengan label Jajaka. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Dia mengombinasikan berbagai macam motif batik dalam sebuah kemeja ready-to-wear. Kadang Ivan membuat tiga atau lebih campuran motif dalam sebuah baju. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Pilihan warnanya, Ivan masih bermain aman dengan warna kalem seperti coklat ataupun warna pastel. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Elli Sugigi memeragakan koleksi milik Raffi Ahmad di perhelatan Indonesia Fashion Week 2016 di Balai Sidang Jakarta, Kamis 10 Maret 2016. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Raffi memperkenalkan label busananya RA Jeans. Namun dibanding desainer selebriti lainnya, koleksi Raffi hanyalah kaus yang dimodifikasi dan dipadu jeans dan outerwear untuk memberikan kesan streetstyle. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Padahal label busana Raffi punya potensi untuk memulai gerakan busana murah namun tetap trendi. Tapi dia hanya bermodal bentuk T-shirt yang nyaman dengan berhiaskan lambang lini modenya tersebut. (CNN Indonesia/Safir Makki)