Peneliti Temukan Jenis Diet Paling Ampuh Bagi Wanita

Agniya Khoiri | CNN Indonesia
Selasa, 15 Mar 2016 06:05 WIB
Wanita mencoba berbagai jenis diet untuk mencapai bentuk tubuh idaman. Namun menurut penelitian, ada satu jenis diet yang paling ampuh bagi kaum hawa. Ilustrasi. (Peter Belch via tookapic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketika melakukan diet, banyak orang yang memilih untuk mengurangi porsi makan atau pantang pada suatu jenis makanan tertentu. Namun sebuah studi baru menyatakan, bahwa diet dengan menekan nafsu makan saja tidaklah efektif.

Dilansir dari The Independent, para peneliti di Loughborough University memeriksa hubungan berolahraga dan pembatasan asupan makanan terhadap penurunan berat badan.

Selama studi, partisipan yang seluruhnya wanita, diminta untuk membatasi diet mereka dengan makan hanya sekitar 836 kalori, selama 8 jam. Mereka kemudian diundang untuk makan dengan bebas di meja prasmanan.


Pada langkah kedua, peneliti meminta para wanita untuk membakar jumlah kalori yang sama dengan yang mereka makan sebelumnya, dengan olahraga ringan yang berlangsung 90 menit. Kemudian, mereka kembali disajikan makanan prasmanan.

Para peneliti menemukan bahwa wanita rata-rata mengonsumsi 944 kalori di meja prasmanan ketika mereka membatasi diet mereka. Sementara, kelompok yang berolahraga hanya mengonsumsi 660 kalori.

Menurut peneliti, membatasi jumlah makanan justru menyebabkan lonjakan hormon ghrelin yang memicu lapar dan penurunan tingkat peptide YY, yang menyebabkan penekanan pada lapar.

Temuan dari sampel penelitian yang melibatkan 12 perempuan ini, bertentangan dengan penemuan sebelumnya yang menunjukkan bahwa olahraga membuat orang, khususnya perempuan, makan lebih banyak.

“Bertentangan dengan penelitian sebelumnya, olahraga justru menekan rasa lapar. Sementara membatasi asupan makanan justru membuat rasa lapar semakin menjadi,” kata Dr Stensel dari Loughborough University.

Meskipun begitu Dr Stensel menyebutkan dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi temuan tersebut. “Kami harus melakukan penelitian lanjutan untuk melihat apakah manfaat ini berlanjut melebihi hari pertama latihan,” tambahnya.

Sementara Juru bicara British Dietetic Association Claire Pettitt menyebut kombinasi pembatasan makanan dan olahraga masih merupakan metode penurunan berat badan terbaik dan menyehatkan.

"Saya masih akan merekomendasikan siapa pun yang mencoba untuk menurunkan berat badan dan atau mempertahankan berat badan yang sehat dan gaya hidup harus memperhatikan keduanya, baik dari kebiasaan makan mereka dan tingkat aktivitas fisik,” sebutnya. (les/les)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER