Sinar Matahari dan Olahraga Sama Pentingnya bagi Hijabers

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Minggu, 20/03/2016 17:15 WIB
Sinar Matahari dan Olahraga Sama Pentingnya bagi Hijabers Dian Pelangi. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berkegiatan di luar ruangan kerap jadi hal yang menyebalkan. Teriknya sinar matahari, debu, atau polusi, dirasa menyebabkan kulit kusam atau tampak tak menarik.

Nyatanya, paparan sinar matahari justru memicu diproduksinya vitamin D untuk kesehatan dan kekuatan tubuh.

Tim riset Hi-Lo menemukan 6 dari 10 perempuan kekurangan vitamin D, kebanyakan dialami mereka yang berkegiatan dalam ruangan. Para hijabers masuk juga dalam golongan ini karena mengenakan pakaian tertutup, sehingga kurang mendapat paparan sinar matahari.


"Tubuh kita membutuhkan paparan sinar matahari yang cukup untuk mengubah pro-vitamin D yang ada dalam tubuh, menjadi vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium.

“Oleh karena itu, kita yang jarang terpapar sinar matahari sangat rentan kekurangan vitamin D," ujar Public Relation Manager Nutrifood Arninta Puspitasari saat konferensi pers "Muslima Fit & Fun Fest" di Wayang Bistro, Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (17/3).

Desainer dan model Dian Pelangi yang jadi Brand Ambassador Hi-Lo Soleha, tak luput dengan masalah ini. Kesehariannya lebih banyak di studio dan di belakang panggung peragaan busana dibanding di luar ruang dan terkena sinar matahari.

Dian menyiasatinya dengan berolahraga dan makan makanan bergizi. Olahraganya pun tak berat-berat, yakni yoga dan zumba yang dipelajari lewat Youtube dan majalah. Dia lebih nyaman berolah raga di rumah ketimbang di gym.

"Kalau di luar, merasa tidak fit, berkeliling di mall saja sudah seperti jogging, bawa belanjaan seperti angkat beban. Olahraga bisa juga dilakukan di manapun" tutur Dian sambil tersenyum.


Dian memberi tips bagi perempuan berbusana tertutup yang tetap nyaman saat berolahraga:


Perhatikan pilihan warna busana

Gunakan warna gelap untuk berolah raga di dalam ruangan. Warna gelap dinilai cepat menyerap panas dan membantu proses pembakaran lemak. Sedangkan, untuk di luar ruangan, gunakan busana berwarna terang untuk mencegah penyerapan panas matahari lebih cepat.


Perhatikan bahan busana

Pilihlah busana berbahan katun atau polyester yang cepat menyerap keringat. Hindari penggunaan bahan spandex karena memicu bau keringat lebih cepat.


Hijab sederhana

Pilih hijab dengan model sederhana. Kurangi pemakaian jarum pentul untuk alasan keamanan dan kemudahan bergerak saat berolahraga. Gunakan kerudung turban instan atau paris, dan bisa juga gunakan inner ninja.


Tutupi lekuk tubuh

Jika memakai bawahan ketat, usahakan pakai atasan yang panjang dan dilapisi jaket sehingga lekuk tubuh tidak terlihat. (sil/sil)