Masyarakat Amerika Serikat Tak Lagi Gandrung Soda

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Selasa, 05/04/2016 04:53 WIB
Masyarakat Amerika Serikat Tak Lagi Gandrung Soda Ilustrasi minuman bersoda. (Getty Images/Siraphol)
Jakarta, CNN Indonesia -- Minuman bersoda sudah jadi bagian dari keseharian masyarakat Negeri Paman Sam. Makan sepertinya tidak lengkap tanpa soda dingin. Di setiap rumah tangga pun sudah pasti ditemukan persediaan minuman bersoda di lemari pendingin.

Tapi, hal itu kini sudah berubah. Selama 11 tahun terakhir, industri soda mengalami penurunan signifikan. Penjualan soda terus melorot, dengan rata-rata 1,2 persen per tahun.

Tahun 2015, konsumsi minuman berkarbonasi di Amerika Serikat hanya 650 porsi per orang per tahun, yang merupakan jumlah konsumsi terendah sejak 1985.


Melansir laman Fortune, kini masyarakat Amerika Serikat lebih menyukai minuman yang lebih menyehatkan. Bahkan minuman soda diet yang disebut-sebut lebih sehat juga mengalami penurunan penjualan.

“Industri soda mengalami kerugian karena konsumen kini lebih menyukai minuman sehat, seperti jus dan air beraroma buah,” tulis Fortune.

Alasannya karena jenis minuman tersebut dianggap lebih sehat sebab rendah kalori dan tidak mengandung gula buatan. (les)