Si Cerdas Susah Fokus, Si Malas Lebih Kreatif

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Minggu, 17/04/2016 09:20 WIB
Si Cerdas Susah Fokus, Si Malas Lebih Kreatif Ilustrasi (Sean Gallup/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketika lupa akan suatu hal, usaha untuk mengingat-ingatnya kadang menjengkelkan. Tak jarang, jika sudah mencoba dan tidak berhasil, kita cenderung membiarkan hal itu.

Sebuah studi baru, memperkenalkan jawaban atas masalah yang Anda hadapi perihal "mengingat." Teknik ini disebut drawing effect, yang membantu Anda lebih mudah mengingat informasi dalam waktu 40 detik!

Menurut blog Digest BPS, para peneliti meyakini hanya dengan sketsa kata-kata atau konsep yang ingin Anda ingat, akan meningkatkan ingatan.


Peneliti University of Waterloo menemukan bahwa teknik yang berguna untuk merevisi ujian penting, yaitu dengan mengingat kata-kata bergambar daripada menulisnya.

Para siswa yang diberi 30 kata sederhana untuk digambar, seperti "apel" dan "jeruk," lalu diberi waktu 40 detik per kata untuk menggambar dan menulis berulang kali.

Para peserta tes ini dikejutkan, hasilnya menunjukkan bahwa siswa yang menggambar kata-kata mampu mengingat dua kali lebih banyak dari mereka yang menuliskannya.

"Dalam beberapa percobaan, peserta disajikan dengan daftar kata dan diminta untuk mengambarkan atau menuliskannya. Dengan menggambar kata-kata, ingatan berfungsi lebih baik daripada ditulis," kata peneliti dilansir dari Telegraph.

"Sementara ini kami menunjukkan bahwa drawing effect terpercaya dalam kelompok yang kami uji, kontennya masih per kata dan sulit merepresentasikannya dalam ranah akademik," tambahnya.

Penelitian tersebut diterbitkan dalam Quarterly Journal of Experimental Psychology.

Baru-baru ini, penelitian lain menemukan fakta bahwa orang cerdas lebih mudah terganggu konsentrasinya saat bekerja daripada mereka yang memiliki IQ lebih rendah. Dan peneliti mengarahkan fakta lain: bermalas-malasan di tempat kerja membuat orang lebih kreatif.


Berikut ini, lima tips agar tetap fokus di tempat kerja, dilansir dari Telegraph:

1. Tetap Hidrasi

Menurut hasil penelitian, dehidrasi dapat mengakibatkan gangguan fungsi mental, perubahan suasana hati, pengurangan konsentrasi, kekhawatiran, serta memori jangka pendek.

2. Utamakan Karya Kreatif

"Satu jam setelah memulai pekerjaan Anda, Anda punya kapasitas jauh lebih sedikit daripada di awal," kata penulis buku Your Brain at Work, David Rock. "Setiap keputusan yang otak kita lelah."

3. Melatih Otak Anda

Dapat dengan beberapa aplikasi digital yang diperuntukkan melatih otak.

4. Meja Berantakan

Menurut studi ilmiah, bekerja di meja yang berantakan, ternyata membantu Anda berpikir lebih kreatif.

5. Makan Ikan

Para ilmuwan menemukan bahwa makan-makanan yang kaya akan omega-3, meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan kinerja mental.


Berikut ini, sepuluh cara sederhana meningkatkan kecerdasan Anda:

1. Banyak latihan
2. Tidur siang
3. Makan makanan kaya magnesium
4. Berjemur
5. Memotong rumput
6. Banyak makan cokelat dan melakukan aktivitas seksual
7. Pelajaran musik untuk anak muda
8. Bermain Tetris
9. Berpikir
10. Bercakap dengan bayi

(vga)