Studi: Musik Keras Bisa Tenangkan Kemarahan

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 20/04/2016 07:17 WIB
Studi: Musik Keras Bisa Tenangkan Kemarahan ilustrasi musik metal (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak semua orang suka mendengarkan musik dengan nada yang keras dan irama yang menghentak. Bagi beberapa orang, musik metal bisa memekakan telinga dan membuat Anda jadi 'gila.'

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Frontiers in Human Neuroscience menemukan bahwa sebenarnya genre musik ekstrem bisa membuat orang yang sedang marah jadi tenang. Yang termasuk genre musik ekstrem adalah musik heavy metal, emo, hardcore, punk, screamo, dan lainnya.

Musik ekstrem biasanya ditandai dengan lirik keras, suara menggelegar, berat dan musik yang menghentak. Tak jarang liriknya sendiri mengandung tema kecemasan, depresi, isolasi sosial dan kesepian. Para peneliti mengatakan bahwa temuan ini bertentangan dengan teori sebelumnya yang mengungkapkan bahwa jenis musik seperti ini dikaitkan dengan agresi dan kenakalan.


Untuk studi ini, mahasiswa kehormatan Leah Sharman dan Dr. Genevieve Dingle meneliti 39 orang dari usia 18-34 tahun yang biasa mendengarkan musik ekstrem. Mereka pun diinduksi dengan berbagai penyebab kemarahan lewat isu yang mengganggu mereka misalnya hubungan pacaran, uang atau pekerjaan. Hal ini dilakukan selama 16 menit.

Mengutip Your Tango, mereka kemudian diberi waktu tambahan 10 menit untuk mendengarkan lagu pilihan mereka. Setelahnya mereka diminta untuk hening selama 10 menit.

Para peneliti menemukan bahwa musik metal ternyata bisa menenangkan para responden sama efektifnya seperti saat mereka duduk dalam keheningan.

"Kami menemukan bahwa musik bisa mengatur kesedihan dan meningkatkan emosi positif seseorang," kata Sharman kepada The Guardian.
"Ketika mengalami kemarahan, penggemar musik ekstrem suka mendengarkan musik yang bisa cocok dengan kemarahan mereka."

Penelitian ini menyimpulkan bahwa ketika seseorang yang sedang marah mendengarkan musik ekstrem, mereka akan merasa lebih aktif dan terinspirasi. Musik bisa menjadi cara terbaik untuk menghilangkan emosi negatif tanpa harus menyakiti diri sendiri.

Musik ekstrem mungkin tidak untuk semua orang, tapi bagi mereka yang menyukainya itu bisa menjadi sumber kenyamanan tersendiri.

(chs/chs)