Menonton Ombak, Cara Baru Warga Norwegia Hilangkan Stres

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Selasa, 19/04/2016 22:18 WIB
Menonton Ombak, Cara Baru Warga Norwegia Hilangkan Stres Warga Norwegia akan menonton pusaran air selama 12 jam untuk melepas stres dan penat. (Thinkstock/Halfbinz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagaimana cara Anda menghilangkan stres akibat tekanan kehidupan atau penatnya pekerjaan? Liburan, umumnya merupakan jawaban yang paling sering terlontar.

Jawaban lainnya, biasanya bermalas-malasan di rumah.

Di sisi lain, warga Norwegia punya cara baru untuk melepas stres. Mereka akan berdiam di rumah dan menonton televisi yang menyiarkan satu hal secara berulang, ombak.


Melansir Reuters, warga Norwegia akan menonton tayangan pusaran air tersebut selama 12 jam nonstop, umumnya di akhir pekan, guna mengembalikan kondisi mental usai minggu yang melelahkan.

Sejak 2009, lembaga penyiaran publik Norwegia, NRK, telah bereksperimen dengan siaran langsung bertempo lambat. Umumnya, jenis siaran ini ditayangkan dalam perjalanan darat, seperti perjalanan kereta selama 7 jam melintasi Norwegia atau perjalanan selama enam hari menggunakan kapal pesiar.

Tayangan itu ternyata mendapat banyak perhatian di Norwegia. NRK memperlihatkan siaran langsung ombak terkuat di bumi, yakni Saltstraumen yang berlokasi di dekat Bodoe, sekitar 80 km di Samudera Arktik.

“Ada sensasi menenangkan ketika menyaksikan pusaran air,” kata Gisle Forland, salah seorang penyiar di acara tersebut.

Adapun, di Norwegia, tayangan Saltstraumen bisa disaksikan mulai tengah hari hingga tengah malam.

“Kami menyiarkan pemandangan alam dengan kamera yang terus berputar dan hanya sedikit musik. Lalu ada narator yang menceritakan tentang sejarah, geologi dan fenomena Saltstraumen,” tutur Forland.

Saltstraumen sendiri merupakan selat kecil yang menghubungkan dua teluk, dimana air laut bisa mengalir masuk dengan kecepatan 40 km/jam, menciptakan pusaran air besar yang telah terkenal sejak era Viking.

[Gambas:Youtube] (les)