Alat Olahraga di Gym Lebih Jorok dari Toilet

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 21/04/2016 12:47 WIB
Alat Olahraga di Gym Lebih Jorok dari Toilet ilustrasi (picjumbo/Viktor hanacek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak orang yang rela membayar mahal keanggotaan gym untuk bisa berolahraga. Berbagai peralatan olahraga bisa dipakai sepuasnya untuk membantu Anda membentuk tubuh agar jadi lebih sehat dan seksi. Tapi pastinya harus gantian dengan orang lain.

Kalimat terakhir itu menyiratkan hal kontradiktif lainnya. Harus bergantian dengan orang lain pasti membuat Anda berpikir apakah alat-alat gym itu bersih? Berapa banyak bakteri yang menempel di alat-alat tersebut? Benar-benar bersihkah alat olahraga itu?

Faktanya, sebuah studi yang dilakukan oleh FitRated mengungkapkan bahwa mengakat beban di gym ternyata lebih jorok dibanding menggosok tangan ke dudukan toilet. Mengutip Teen Vogue, penelitian dilakukan dengan metode menyeka alat olahraga di tiga gym untuk menemukan berapa banyak bakteri yang menempel.


Hasilnya dari sampel tersebut membuktikan bahwa mesin angkat beban ternyata memiliki 362 kali bakteri lebih banyak daripada dudukan toilet. Selain itu treadmill ternyata memiliki bakteri 74 kali lebih banyak dibanding keran air.

Sedangkan sepeda statis memiliki bakteri 39 kali klebih banyak daripada baki plastik di kafe. Rata-rata dari semua alat olahraga populer ini, setidaknya membawa lebih dari satu juta bakteri per meter perseginya.

Dari jumlah yang cukup banyak itu, penelitian juga menemukan bahwa 70 persennya adalah bakteri berbahaya bagi manusia. Termasuk di antaranya bakteri gram negatif berbentuk batang yang bisa menyebabkan infeksi dan resisten terhadap antibiotik.

Mengutip Fitness magazine, beberapa lokasi yang paling berkuman di gym adalah ruang loker, karpet olahraga, dan tas olahraga Anda sendiri.

(chs/chs)