Buket Bunga Ternyata Bisa Membuat Anda Lebih Sehat

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 22/04/2016 00:07 WIB
Buket Bunga Ternyata Bisa Membuat Anda Lebih Sehat ilustrasi buket bunga (Picjumbo/Viktor hanacek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setangkai mawar untuk si perayu, sebuket bunga untuk memohon kesembuhan, dan sepapan besar bunga untuk duka cita. Kehidupan manusia memang tak pernah lepas dari indahnya bunga-bunga.

Kehadiran bunga-bunga dengan keindahannya tak cuma memberi warna tersendiri untuk kehidupan manusia. Tapi nyatanya, manfaat bunga lebih besar dari sekadar penghias ruangan saja. Karangan bunga ternyata punya manfaat positif untuk kesehatan dan mood Anda.

"Beberapa jenis bunga benar-benar bisa membantu menyehatkan Anda," kata Raj Dasgupta, seorang profesor di Keck School of Medicine di University of Southern california dikutip dari Elle Decor.


"Sementara itu ada juga bunga-bunga yang justru bisa memperparah kondisi pasien penyakit paru-paru, misalnya asma.'

Namun, dia menambahkan, kebanyakan tanaman bunga akan membantu Anda untuk bisa bernapas lebih baik. Inilah mengapa sebabnya pasien di rumah sakit kerap diberikan karangan bunga sebagai tanda cepat sembuh.

"Penelitian menemukan bahwa pasien yang memiliki karangan bunga dan tanaman di kamar rumah sakitnya ternyata bisa mengonsumsi obat penahan sakit lebih sedikit dan juga merasakan kecemasan yang lebih sedikit."

Manfaat aroma bunga-bungaan tersebut juga memberi manfaat baik bagi sel tubuh. Dalam sel tubuh, tanaman -terutama bunga- akan memberikan oksigen yang dibutuhkan tubuh. Bunga-bungaan juga akan meningkatkan kelembapan di udara sehingga bisa membantu melegakan pernapasan.

"Kelembapan yang rendah akan menciptakan lingkungan yang infeksius untuk tubuh," ucapnya.

"Air yang dilepaskan secara alami dari tanaman akan membantu mengatasi kulit kering, batuk kering, dan sakit tenggorokan."

(chs/chs)