Busana Pengantin Palembang Pikat Wanita Roma

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Sabtu, 23/04/2016 11:48 WIB
kekayaan busana daerah dan kain tradisional Indonesia dipamerkan di Hotel Beverly Hills Roma, Italia di acara ‘A Glimpse of Indonesia’. Busana Pengantin Palembang membuat wanita Roma terpesona. (Dok. Wikimedia/Gunkarta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keindahan dan kekayaan ragam busana daerah serta dalamnya makna adat perkawinan Nusantara, memukau kaum perempuan Roma, di acara ‘A Glimpse of Indonesia’ di Rome International Women's Club Luncheon yang diselenggarakan KBRI Roma di Hotel Beverly Hills Roma, Italia.

“Acara tersebut dibuka istri Duta Besar RI untuk Italia, Sonya Parengkuan dan juga dihadiri istri Duta Besar RI untuk Vatikan,” ujar Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Roma Aisyah Allamanda.

Dalam sambutannya, Sonya menjelaskan keanekaragaman budaya dan tradisi Indonesia yang tersebar di belasan ribu kepulauan Indonesia. Hal itu terwujud dalam beragam jenis busana dan kain tradisional.


Penjelasan Sonya membuat para hadirin terpikat pada kebaya, baju kurung, kain batik, kain ulos, serta kain songket dari berbagai daerah di Indonesia, yang dipamerkan dan diperagakan secara langsung.

Kekaguman hadirin semakin meningkat ketika mendapat penyelasan tentang beragamnya dan dalamnya makna upacara adat perkawinan di Indonesia.

Puncaknya adalah pada saat pakaian pengantin khas Palembang diperagakan, hampir seluruh yang hadir dalam acara tersebut memuji dan berebut ingin berfoto bersama dengan model. Respon positif tersebut menunjukkan besarnya animo kaum perempuan kota Roma terhadap kekayaan budaya Indonesia. (les)