Triathlon Diharapkan Bisa Dongkrak Wisata Bangka

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Sabtu, 23/04/2016 19:01 WIB
Triathlon Diharapkan Bisa Dongkrak Wisata Bangka Pulau Bangka punya banyak pantai indah, namun pamor pariwisatanya masih kalah saing dengan Belitung. (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)
Bangka, CNN Indonesia -- Bupati Bangka Tarmizi Saat berharap, event olahraga tahunan, ‘Sungailiat Triathlon’, membuat Bangka semakin dikenal dan menjadi destinasi wisata dunia.

Dia menceritakan, Bangka belum begitu dikenal menjadi destinasi wisata nasional, dibandingkan Belitung. Padahal, Bangka memiliki sejumlah pantai indah, seperti Pantai Tanjung Pesona, Pantai Uber, Pantai Parai Tenggiri, Pantai Tikus, dan Pantai Matras.

Alih-alih wisata, Bangka selama ini dikenal dengan timahnya. Alasannya, Bangka merupakan penghasil timah terbesar di Indonesia. PT Timah yang sebelumnya berpusat di Jakarta, akhirnya dipindahkan ke Pangkalpinang, Ibu kota provinsi Bangka Belitung.


Oleh karena itu, pemerintah Bangka menggelar Sungailiat Triathlon yang diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan dan bahkan jadi acara internasional. Menurut Tarmizi, acara yang diselenggarakan sejak 2013 ini terus membaik hingga sekarang.

"Kalau jadi internasional, bisa buat tahun depan," kata Tarmizi.

Triathlon memadukan tiga aksi olahraga sekaligus yang dilakukan secara berkesinambungan, yakni renang, bersepeda, dan marathon. Tarmizi menuturkan, dengan persiapan matang, bersepeda gunung akan ditambahkan dalam event tahunan ini.

Bekas Sekda Bangka ini mengatakan, triathlon awalnya acara lokal antara kabupaten Bangka. Partisipasi masyarakat terus meningkat. Sehingga, peserta lagi hanya masyarakat Bangka.

Tahun ini, sebanyak 425 peserta dari 18 negara berpartisipasi. Saat pertama kali diselenggarakan, 2013, Sungailiat triathlon hanya diikuti 80 peserta.

Wisatawan yang hadir ke Bangka menyaksikan Sungailiat Triathlon terus meningkat. Pada 2014, sekitar 400 wisnus dan 75 wisman. Setahun kemudian, meningkat menjadi 700 wisnus dan 180 wisman. Tahun ini ditargetkan 1200 wisnus dan 400 wisman.

"Efektivitas yang kami lakukan selama ini membaik. Kami semakin dikenal di Indonesia dan dunia. Sebelumnya, mereka enggak tahu Bangka, hanya Belitung," kata Tarmizi di Pantai Tanjung Pesona, Bangka, Sabtu (23/4).

Sementara itu, tetangganya, Belitung, lebih dikenal sebagai destinasi wisata sejak film Laskar Pelangi. Tanjungpandan, Ibu Kota Kabupaten Belitung, menjadi salah 10 destinasi wisata nasional.

Gubernur Bangka Belitung Rustam Efendi menuturkan, selain triathlon, pemerintah dan dinas pariwisata provinsi mempersiapkan objek wisata lainnya.

Mulai dari kebun raya, diving spot di Pulau Putri dan sejumlah pulau lainnya, serta wisata religi melalui Masjid Agung. Olahraga golf pun akan dimaksimalkan tahun mendatang.

Dia berkata, telah meminta penambahan penerbangan ke Bangka kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya.

"Dampak dari timah tidak besar. Kalau ada pariwisata, semua bisa hidup. Kuliner, homestay, dan hotel bisa hidup," kata Rustam. (les)