Kim Jong Un Buat Kompetisi Memasak untuk Cari Koki Terbaik

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 27/04/2016 12:01 WIB
Kim Jong Un Buat Kompetisi Memasak untuk Cari Koki Terbaik ilustrasi memasak (Oldmermaid/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Euforia kompetisi memasak sepertinya juga masuk ke Korea Utara. Bahkan diktaktor Korea Utara Kim Jong Un sendiri bahkan menghadirkan kompetisi memasak mewah serupa MasterChef untuk mencari chef terbaik di seluruh negara.

Mengutip The Daily Meal, Kim Jong Un sendiri dikritik karena hal ini. Bagaimana tidak, di tengah masalah warga negara yang kelaparan, sang pemimpin justru sibuk mencari makanan paling enak.

Dikutip dari Fox News, ajang kompetisi ini disiarkan langsung di televisi. Media-media Pyongyang berspekulasi bagwa ada 1000 orang koki lebih yang akan berpartisipasi. Mereka akan berlomba untuk mengolah aneka makanan tradisional dan modern dari Korea Utara.


Makanan modern yang diolah salah satunya adalah makanan ala Eropa, misalnya pizza, spaghetti dan sesuatu yang disebut 'brokoli lima cara.'

Diduga ada orang dalam yang menyarankan hal tersebut kepada diktator itu. Kim Jong Un dianggap harus lebih memerhatikan asupan makanannya karena masalah kesehatannya. Kesehatannya bermasalah karena Kim sendiri termasuk kelebihan berat badan dan menderita karena sakit pinggang.

Amnesty International menyatakan bahwa keserakahan tirani dan sedikitnya jatah makanan kepada warga menyebabkan tercapainya ambang kelaparan warga Korea Utara. (chs/chs)