Pagi Hari, Waktu Terbaik Lakukan Vaksinasi Flu

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 28/04/2016 10:13 WIB
Pagi Hari, Waktu Terbaik Lakukan Vaksinasi Flu ilustrasi (Dok Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain minum vitamin dan suplemen kesehatan lainnya, ada beberapa orang yang lebih memilih mendapatkan suntikan pencegah flu. Namun agar vaksinasi ini bekerja lebih maksimal, menurut penelitian dari Inggris, sebaiknya dilakukan pagi hari.

"Ini adalah tindakan yang benar-benar bisa meningkatkan respons vaksinasi pada orang dewasa tanpa efek samping," kata Anna C. Phillips dari University of Birmingham kepada Reuters.

Vaksin akan menciptakan sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi. Antibodi ini akan melawan infeksi yang terjadi setelah terpapar penyakit yang sebenarnya.


Namun respons imun tubuh seseorang bervariasi. Beberapa peneliti menyarankan untuk melakukan vaksinasi beberapa kali. Mengutip Asia One, penelitian dilakukan dengan membagi 276 orang dewasa untuk menerima vaksin flu di pagi hari (09.00-11.00) dan di sore hari (15.00-17.00).

Satu bulan kemudian, mereka menganalisis sampel antibodi darah dari setiap orang terhadap virus flu. Tingkat antibodi naik pada kedua kelompok, tapi ini akan meningkat secara signifikan pada mereka yang mendapat vaksinasi di pagi hari, bukan di sore hari. Respons peningkatan dua kali di pagi hari ini terjadi baik pada pria dan wanita.

"Kami tidak tahu bagaimana efek waktu pelaksanaan pagi hari ini bisa berpengaruh," katanya.

Hanya saja, penelitian cuma melihat kadar antibodi seseorang, bukan apakah orang akan benar-benar terserang flu atau tidak nantinya.

Dr Bruce Y. Lee, director of operations research dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health International Vaccine Access Center di Baltimore, Maryland menyarankan untuk lebih realistis soal waktu. Dia juga menyarankan untuk berhati-hati menerima penelitian ini.

"Banyak orang yang sudah berjuang untuk menemukan waktu untuk mendapatkan vaksin flu," katanya.

"Mereka merasa sulit vaksin di pagi hari karena harus bekerja. Sore atau malam hari biasanya mereka lebih senggang dan bisa mendapat vaksin. Jadi jangan sampai Anda berpikir bahwa vaksin hanya akan efektif kalau diberikan pagi hari, dan akhirnya menunda vaksin sampai Anda punya waktu di pagi hari.

Oleh karenanya, Lee mengungkapkan jika pada akhirnya studi benar-benar mengonfirmasi kalau waktu 'aplikasi' berpengaruh, maka harus ada aturan baru soal ini agar vaksinasi jadi lebih nyaman.

"Misalnya, perusahaan menawarkan vaksinasi dilakukan di kantor. Studi kami sebelumnya mengungkapkan bahwa melakukan hal tersebut bisa menghemat biaya kesehatan."

(chs/chs)