Chef Eksekutif Wanita Pertama Indonesia, Terbaik di Dunia

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Sabtu, 30/04/2016 09:01 WIB
Chef Eksekutif Wanita Pertama Indonesia, Terbaik di Dunia ilustrasi (Flickr/City Foodsters (CC BY 2.0))
Jakarta, CNN Indonesia -- Lazimnya, koki pria berkuasa. Namun hal tersebut tak membuat perempuan lantas tersingkir dari dunia kuliner. Baru-baru ini, The World's Best 50 Restaurants menobatkan Dominique Crenn sebagai The World's Best Female Chef 2016.

Crenn adalah koki kelahiran Prancis yang terkenal karena flagship restoran Atelier Crenn miliknya. Selain itu dia juga terkenal dengan restoran kasualnya, Petit Crenn. Kedua restorannya berlokasi di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Meski lahir di Prancis, nama Crenn sebenarnya punya hubungan erat dengan Indonesia. Crenn pernah mencatatkan sejarah sebagai koki eksekutif perempuan pertama di Indonesia. Kariernya pada 2012 kemudian melesat sebagai koki perempuan pertama di AS yang menerima dua bintang Michelin.


"Ini adalah kehormatan besar untuk saya bisa terpilih jadi The World's Best Female Chef 2016 oleh teman dan orang yang saya hormati," kata Crenn dikutip dari Thrillist.

"Saya terinspirasi oleh pemenang-pemenang terdahulu. Ini adalah kehormatan untuk saya bisa bergabung dengan mereka, dan semoga bisa memotivasi orang di seluruh dunia untuk bekerja lebih keras, kreatif, dan mencapai hal hebat. Saya bangga bisa berbagi penghargaan ini dengan keluarga koki saya, tim Atelier Crenn dan Petit Crenn. Tanpa mereka, penghargaan ini tak akan mungkin saya dapatkan."

William Drew, salah satu editor The World's 50 Best Restaurants mengungkapkan, bahwa Crenn punya banyak prestasi. Dia juga menyatakan, bahwa Crenn adalah koki yang mengesankan dan punya banyak pengalaman hebat sebagai koki perempuan pertama. Hal ini diyakininya akan membuka jalan bagi generasi mendatang.

"Renjana dia untuk menggunakan produk lokal, keberlanjutan dan dedikasi profesinya membuat dia sangat sempurna untuk menerima penghargaan ini."

Tahun ini, penghargaan sebagai koki perempuan terbaik dunia berfokus pada koki perempuan yang luar biasa. Untuk menentukan pemenangnya, sang calon pemenang harus bisa melewati kritikan seribu kritikus makanan terbaik dunia dan koki yang punya nama besar.

Prestasi Crenn ini akan dirayakan dalam malam penghargaan yang digelar di Cipriani Wall Street. Penghargaannya akan diadakan pada 13 Juni 2016 mendatang. Yang lebih istimewa, penghargaan ini akan diselenggarakan di AS untuk pertama kalinya dalam kurun 14 tahun terakhir. (chs/chs)