Enam Hal yang Terjadi pada Tubuh Kala Tidur

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Jumat, 20/05/2016 12:38 WIB
Enam Hal yang Terjadi pada Tubuh Kala Tidur Ilustrasi. (Arasov_vl/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketika tidur tentu tak akan ada yang pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi pada dirinya. Yang banyak diketahui hanyalah tidur menjadi waktu untuk tubuh beristirahat dari segala pergerakan dan aktivitas yang telah dijalani.

Sebelumnya, National Sleep Foundation menemukan hasil bahwa tidur bermanfaat dalam mempengaruhi bagaimana Anda melihat, merasakan, dan lakukan setiap harinya. Hal ini pun memiliki dampak yang besar pada kualitas hidup secara keseluruhan.

Jika waktu tidur terpotong, tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan semua tahapan yang diperlukan dalam konsolidasi memori, perbaikan otot dan pelepasan hormon yang mengatur pertumbuhan, serta nafsu makan.


Lebih lanjut, ternyata kurang tidur pun dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius pada mental dan fisik, seperti tekanan darah tinggi, gangguan konsentrasi dan berat badan.

Hal ini yang kemudian menjadi dasar bahwa tidur sangat penting untuk kesejahteraan hidup yang dapat mengurangi depresi, meningkatkan memori, memperlambat penuaan, dan dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Lalu apa yang terjadi pada tubuh ketika sedang tidur? Berikut enam hal yang dapat Anda ketahui berdasarkan keterangan para ahli, dilansir dari Active Times.

1. Detak jantung dan nafas lebih lambat
Ketika Anda tertidur detak jantung dan nafas Anda akan lebih lambat dari biasanya, hal ini yang kemudian membawa Anda dalam ketenangan pikiran, hati dan juga sistem peredaran darah.

2. Suhu tubuh menurun
Ternyata, suhu tubuh memiliki peran besar dalam mengatur ritme sirkadian, yang menentukan tubuh Anda siap untuk tidur atau bangun. Menurut Alaska Clinic Sleep, para peneliti percaya bahwa saat tidur suhu tubuh akan menurun sehingga dapat menghemat energi untuk fungsi lain, yang biasanya akan dihabiskan untuk menjaga suhu tubuh normal.

3. Tersentak
Pernahkah Anda terbangun tiba-tiba karena kaget atau seperti terjatuh? Jika Anda berpikir hal tersebut adalah kelainan, namun para peneliti menilai ini sebagai hal yang wajar dan umum dialami oleh 60-70 persen orang. Hal ini terjadi karena tersentak adalah proses hypnagogic, transisi antara terjaga dan tidur.

4. Peningkatan produksi kolagen pada kulit
Hormon pertumbuhan yang dilepaskan saat Anda tidur membantu merangsang pertumbuhan kolagen, yang mana turut membantu peningkatan elastisitas kulit dan memperkuat pembuluh darah.

5. Melawan Penyakit
Meskipun Anda sedang tidur, ternyata tubuh tetap bekerja, yang mana memungkinkan tubuh dan pikiran untuk me-reset, melindungi, serta mengembalikan kesehatan mental dan fisik. Otak pun akan melepaskan hormon yang mendorong pertumbuhan jaringan dan dapat membantu pemulihan seperti nyeri otot.

6. Penurunan berat badan
Seperti yang telah diketahui, bahwa saat bangun tubuh akan terasa lebih ringan, hal ini terjadi karena saat tidur tubuh kehilangan cairan lewat nafas yang mengeluarkan udara lembab.

(meg/meg)