Restoran yang Tak Wajibkan Tamu Bayar Makanannya

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 23/05/2016 10:47 WIB
Restoran yang Tak Wajibkan Tamu Bayar Makanannya Bon Jovi membuka restoran Soul Kitchen ke-duanya yang bertujuan untuk kemanusiaan (Neilson Barnard/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi rock kawakan Jon Bon Jovi ternyata tak cuma suka bernyanyi. Dia juga punya jiwa kuliner dalam dirinya.

Mengutip Huffington Post, Bon Jovi baru saja membuka bisnis barunya, yaitu sebuah restoran. Dia membuka restoran keduanya, Soul Kitchen di New Jersey.

Namun restoran ini bukanlah sebuah restoran biasa. Di restoran ini yang terpenting bukanlah soal membayar tagihan biaya makanan yang sudah disantap. Yang terpenting adalah membayar 'utang' makanan dengan cara lain di kemudian hari.


Di restoran Bon Jovi, para tamu bisa membayar makanannya dengan cara donasi. Donasinya bisa berupa membayar makanan orang lain atau menjadi relawan di dapur restoran.

Bukan tanpa alasan mengapa pelantun lagu It's My Life melakukan hal itu. Ini semua merupakan bagian dari rencananya untuk memberi perhatian khusus kepada orang yang kelaparan dan para tunawisma. Dengan dibukanya restoran ini, semua orang bisa masuk ke dalamnya dan menikmati makanan, tanpa harus peduli tingkat pendapatan mereka.

"Soul Kitchen hanya tampak seperti restoran lain," kata Bon Jovi kepada CBS News.

"Dan Anda harus memahami bahwa mereka yang membutuhkan kadang tak punya kesempatan untuk pergi ke restoran."

Lewat restoran ini, Bon Jovi dan istrinya, Dorothea mengungkapkan kalau mereka ingin membuat orang merasa diberdayakan namun dengan rasa bangga. Ini bisa diwujudkan lewat makanan.

"Karena Anda mengajari orang untuk memancing bukan untuk memberinya ikan. Ketika Anda datang ke restoran ini, tak ada harga dalam makanan kami. Jadi jika kamu membutuhkan, kamu bisa berpartisipasi," katanya.

"Ini bisa berarti membersihkan meja, mencuci piring, atau bekerja di taman. Jika Anda ke sini hanya untuk menikmati makanan dan ingin melakukan perubahan langsung dengan membeli kartu Pay It Forward, Anda bisa membayar makanan sendiri dan orang lain yang ada di restoran. Atau Anda bisa datang keesokan harinya sehingga Anda tak akan tahu bedanya orang mana yang membutuhkan atau tak membutuhkan."

Restoran ini merupakan bagian dari hal kemanusiaan yang lebih besar, yaitu B.E.A.T (Bringing Everyone All Togehther).

Awalnya Soul Kitchen dibuka Red Bank, New Jersey. Restoran ini dibuka pada tahun 2011 lalu. Sedangkan lokasi ke-dua restorannya ini ddibuka di kawasan Toms River, sebuah kota di New Jersey.

Bukan tanpa alasan Bon Jovi membuka restoran ke-duanya di sini. Toms River merupakan sebuah kawasan yang terkena dampak paling parah karena terpaan Badai Sandy. (chs/chs)