'Bertaruh Nyawa' Demi Kehangatan Semangkuk Bakso President

Hafizd Mukti Ahmad, CNN Indonesia | Senin, 23/05/2016 12:42 WIB
'Bertaruh Nyawa' Demi Kehangatan Semangkuk Bakso President Menu andalan Bakso Malang President adalah Special Super plus bakso bakar yang menjadi ciri khas dengan harga cukup terjangkau. (CNN Indonesia/Hafidz Mukti Ahmad)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bertandang ke sebuah kota pasti tak lengkap kalau tak mengintip kehidupan warga lokal. Selain itu, tak akan lengkap juga kalau tak mencicip nikmatnya makanan lokal.

Menyinggahi kota Malang, bakso jadi makanan pertama yang melintas. Ya, bakso malang, yang sudah melegenda dan bisa dicicipi hampir di pelosok nusantara, memang harus dicicipi lagi keaslian rasa di tempat kelahirannya.

Salah satu kedai bakso populer di Malang adalah kedai Bakso Malang President. Kedai bakso ini berada di kawasan jalan Batanghari.


Bakso Malang President jadi makanan kuliner unik sejak 1977 di Malang. Terletak di jalan Batanghari, bakso ini berada tepat disamping rel kereta api aktif Surabaya-Malang.
Uniknya, Anda harus ekstra hati-hati jika ingin makan di tempat ini. Bukan soal rasa makanan atau tingkat kepedasannya. Tapi, kedai bakso ini berada di samping rel kereta api aktif Surabaya-Malang. Anda harus menyeberangi rel ini ketika ingin mencicipi kenikmatan kedai yang sudah berdiri sejak 1977 ini.

"Alhamdulilah dan jangan sampai ada yang celaka. Sampai sekarang belum pernah ada yang celaka sejak berdirinya bakso ini," kata salah satu pelayan Bakso President.

Perlintasan kereta pun hanya dijaga dua atau tiga orang saja. Mereka ini bukan pegawai PT KAI, melainkan warga setempat yang nyambi jadi 'tukang parkir' khusus pengunjung Bakso President.

"Awas-awas kereta lewat, hati-hati," teriak penjaga penyeberangan rel. Sesaat sebelum kereta pembawa BBM melintas, membawa delapan rangkaian gerbong.

Jangan kaget ketika sedang asyik melahap bakso, tiba-tiba seluruh lantai mulai bergetar dan suara kereta api terdengar makin kencang. Kereta api melintas di depan kedai saat Anda sedang menyantap bakso hangat.

Ini jadi keunikan tersendiri Bakso President. Bising kereta, getaran yang kuat dari bantalan rel jadi 'bumbu penyedap' lain Bakso President.
Bakso Malang President (CNN Indonesia/Hafidz Mukti Ahmad)
Keunikan lokasi kedai bukan jadi alasan utama mengapa kedai ini ramai pembeli. Kedai ini ramai dan dicari pelanggan karena punya cita rasa yang nikmat.

Bakso daging, bakso urat, pangsit goreng, siomay rebus, tahu isi jadi menu andalan. Cecapan rasa kuah kaldu yang gurih berpadu dengan bakso nikmat membuat lidah terpuaskan. Adanya tambahan kerenyahan dari pangsit goreng pun menambah kenikmatannya.

Beruntung bagi para pecinta jeroan. Anda bisa menikmati gurih dan empuknya jeroan bersama bakso hangat dan nikmat ini. Ada hati sapi dan paru kering yang menjadi tambahan di menu bakso malang special super, seharga Rp31 ribu. Selain itu Anda bisa memilih padanan menu lain sesuai selera.

Menu andalan kedai Bakso Malang President adalah bakso bakar. Bakso bakar President seharga Rp12 ribu memiliki rasa yang unik. Didominasi urat, empat baso bakar dalam setiap tusuk bercita rasa layaknya sate dengan bumbu kecap manis. Satu tusuk mungkin kurang bagi para pencinta bakso.

Kenikmatan bakso malang ini pun sempat memesona artis ibu kota sampai pejabat negara. Sebut saja Wakil President Jusuf Kalla, Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad dan artis-artis ibu kota lain pernah mencicipi kenikmatan rasanya.

(chs/chs)