Gamelan Indonesia Pikat Warga Rusia

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Selasa, 24/05/2016 01:56 WIB
Gamelan Indonesia Pikat Warga Rusia Alat musik tradisional gamelan, jadi daya tarik tersendiri di pameran budaya yang digelar di Moskow, Rusia. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan budaya Indonesia, Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia kota Moskow (Permira Moskow), menggelar serangkaian acara pameran budaya bertajuk ‘Pelita Cinta Nusantara: From Indonesia to the World’.

Acara tersebut merupakan rangkaian acara budaya pertama dan terbesar yang diadakan oleh mahasiswa Indonesia di Rusia, khususnya kota Moskow.

Dalam rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (23/5), Pelita Cinta Nusantara yang digelar pada akhir pekan lalu, di Peoples’ Friendship University of Russia, Miklukho-Maklaya, terdiri dari pameran, konser dan Indonesian Kitchen, yang menyajikan ragam kuliner Indonesia.


“Dalam pameran, mahasiswa Indonesia memamerkan suvenir seperti batik, gantungan kunci, dompet,foto-foto pemandangan alam Indonesia serta permainan musik gamelan dan sasando yang dimainkan oleh Prof. Andrik Purwasito dan Charline Tiara R. Pingak,” ujar atase perdagangan Indonesia di Rusia, Heryono Adi Prasetyo.

Kementerian Perdagangan juga sekaligus melakukan promosi pameran Trade Expo ke-31 yang akan diadakan Oktober mendatang di Jakarta.

“Acara berlangsung meriah dan pengunjung pameran tidak hanya berasal dari Rusia saja, namun banyak dari negara lain,” sebut Heryono.

Dia menambahkan, sebagian besar pengunjung tampak antusias melihat pernak-pernik dan pagelaran musik tradisional yang dimainkan langsung diacara pameran.

Mahasiswa Indonesia di Moskow berharap, melalui pameran tersebut, warga negara asing khususnya masyarakat Rusia mengetahui dan tertarik mempelajari budaya Indonesia, sehingga meningkatkan kunjungan wisata ke Indonesia. (les)