Menikmati Pantai Merah Muda Pulau 'Naga Darat'

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Senin, 30/05/2016 06:22 WIB
Menikmati Pantai Merah Muda Pulau 'Naga Darat' Pantai Merah Muda atau Pink Beach di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Flores, CNN Indonesia -- Pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih dan air laut biru nan yang jernih, tak lagi istimewa bila berkunjung ke kawasan Taman Nasional Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Bukan hanya ‘Naga Darat’ alias komodo yang menjadi daya tarik pulau tersebut, di bagian utara pulau itu bisa ditemukan keindahan pantai nan elok dengan bingkaian pasir merah muda, yang jarang ada di tempat lain di Indonesia.

Kelembutannya amat menggoda untuk membuat pengunjungnya duduk sejenak, menikmati sapuan ombak disertai hembusan angin, sembari mengagumi pemandangan pulau-pulau kecil yang timbul-tenggelam di laut sekitarnya.


Masyarakat lokal lebih suka menyebut pantai tersebut Pantai Merah, sementara wisatawan asing menyebutnya Pink Beach.

Pink Beach yang ada di Pulau Komodo merupakan salah satu dari 11 pantai berpasir merah muda yang ada di dunia. Asal muasal warna pasir tersebut terbentuk dari kalsium karbonat putih dengan sisa koral yang berwarna merah cerah.

"Ini merupakan aset Indonesia. Banyak sekali orang Indonesia yang kebanyakan dari Jakarta, atau turis asing datang ke sini. Kalau sedang musim liburan, ratusan orang bisa datang ke Pulau Komodo untuk melihat komodo atau pantai ini," kata Andi Muslimin, warga Pulau Komodo yang bekerja sebagai nelayan dan pemandu wisata kepada CNNIndonesia.com, belum lama ini.

Pantai cantik ini dapat ditempuh dengan menyewa kapal nelayan atau speed boat dari Labuan Bajo. Paket tur perjalanan biasanya akan membawa Anda ke Pulau Rinca lalu kemudian ke Pulau Komodo terlebih dahulu. Biaya yang dibutuhkan sekitar Rp330 ribu per orang, bila pergi dalam rombongan berisikan sembilan orang, menggunakan kapal nelayan.

Harga tersebut bisa jadi lebih mahal, bisa juga lebih murah. Tergantung jumlah rombongan dan seberapa mahir Anda bernegosiasi dengan penduduk lokal.
Pantai Merah Muda di Pulau Komodo, Indonesia, termasuk salah satu dari 11 pantai berpasir merah muda yang ada di dunia. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama)
Perjalanan ke Pulau Komodo sendiri memakan waktu sekitar 3 jam. Dari pulau Komodo ke Pantai Merah Muda membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Bisa juga menuju ke sana dengan berjalan kaki mengarungi tebing-tebing dan hutan bakau dengan waktu tempuh empat jam.

Pagi hari sebelum matahari berada di puncaknya, atau sore hari menjelang matahari tenggelam adalah waktu yang cocok untuk menikmati keindahan Pink Beach.

Warna pasir merah muda yang lembut tersapu ombak akan menyambut Anda ketika bibir pantai tersebut mulai terlihat. Kapal yang datang dari Labuan Bajo, bisa juga jadi latar belakang panorama keindahan alam. Pasalnya, mereka tidak dapat terlalu rapat ketepian, agar tidak karam terkena karang.

Untuk itu, ada beberapa 'ojek kapal' dengan ukuran kapal yang lebih kecil yang tersedia untuk menampung maksimal enam orang saja. Tarifnya adalah Rp20 ribu per orang, sekali perjalanan. Pilihan lainnya adalah berenang ke tepian.

Bila beruntung, Anda kedatangan Anda akan disambut dengan beberapa ekor babi hutan, dan beberapa orang yang menjual mutiara air laut seharga Rp25 ribu - Rp300 ribu.

Nuansa alam yang masih alami menyuguhkan pesona mengagumkan. Bukit memanjang dari ujung pantai ke ujung lainnya, juga menambah keindahan pantai ini.

Kondisi pantai yang sepi memberi kesan eksklusif bagi siapa pun yang singgah di sini untuk sekedar melepas penat. Bosan dengan pantai, ada kegiatan relaksasi lain berupa olahraga air yang bisa dilakukan seperti snorkeling di sekitar pantai atau menyelam.

Ada satu catatan, mereka yang ingin berlama-lama menikmati Pink Beach, sebaiknya membawa cukup perbekalan. Alasannya, tidak ada yang menjual makanan maupun minuman di pantai hening tersebut. (les)