Salmon yang Anda Santap Mungkin Alami Depresi

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 26/05/2016 18:22 WIB
Salmon yang Anda Santap Mungkin Alami Depresi ilustrasi salmon (Walter Baxter via geograph.org.uk)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menikmati daging ikan salmon yang nikmat dan gurih memang sedap. Namun ada berita yang 'mengerikan' soal ikan salmon yang Anda santap.

Ikan salmon yang tersaji di piring dan akan Anda santap kemungkinan sangat depresi. Lebih buruknya lagi, ikan-ikan ini menyambut kematiannya sebagai 'jawaban' atas kehidupannya yang mengerikan di peternakan ikan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Royal Society Open Science menemukan bahwa perilaku dan kimia otak salmon ternak mirip dengan orang stres dan depresi.


Mengutip Discovery News dari Metro hal ini juga bisa menjelaskan mengapa beberapa peternakan melihat ikan salmon yang mengapung di atas permukaan tambak (tapi belum mati) seolah-olah mereka benar-benar ingin mati.

"Saya tidak akan berkata lebih jauh kalau mereka merencanakan bunuh diri, tapi secara psikologi, mereka berada dalam batas maksimal yang bisa mereka tolerir, dan karena mereka tetap berada dalam lingkungan itu lama-kelamaan mereka akan mati," kata Marco Vindas dari University of Gothenburg.

(chs/chs)