Foto Profil Akun Sosmed dapat Tunjukkan Kepribadian

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Rabu, 01/06/2016 18:12 WIB
Foto Profil Akun Sosmed dapat Tunjukkan Kepribadian Ilustrasi. (REUTERS/Dado Ruvic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Media sosial, sering dimanfaatkan beberapa orang sebagai tempat membentuk citra diri. Salah satu caranya adalah dengan menampilkan foto terbaik dan paling prima dari dirinya.

Umumnya, seseorang memilih potret diri untuk dijadikan sebagai foto profil akun media sosial. Meski, tak jarang pula yang justru memilih potret jenaka dirinya dengan bergaya aneh.

Tanpa disadari, ternyata melalui foto yang dipilih dapat menujukkan bagaimana karakter orang tersebut. Sebuah studi baru mengatakan bahwa potret diri seseorang pada profil media sosialnya, memberikan gambaran besar mengenai kehidupan pribadi mereka dan juga karakternya.
Hanya dengan menggunakan foto profil, orang dapat memahami lebih besar informasi tentang kehidupan orang lain. Di balik itu, para ilmuwan pun mencatat bahwa ciri-ciri kepribadian seseorang juga dapat diprediksi melalui foto profil.


Penelitian tersebut mengambil sampel dari puluhan ribu foto profil pengguna Twitter dan melihat kepribadian mereka berdasarkan apa yang mereka tweet.
Dilansir dari Independent, menurut penelitian tersebut, orang-orang yang supel atau mudah bergaul biasanya menggunakan foto saat bersama dengan orang lain. Sedangkan orang-orang yang lebih terbuka, cenderung menggunakan foto diri mereka lebih jelas dan berwarna-warni.

Temuan yang paling jelas adalah pada orang-orang neurotik, yang cenderung tidak menyertakan wajah mereka sendiri dalam fotonya. Kalaupun ada dirinya, biasanya hanya sebagian atau terhalang dengan objek lain yang lebih besar.
Para peneliti menguji studi ini dengan melihat seberapa baik mereka dapat memprediksi kepribadian seseorang hanya berdasarkan foto saja. Dan untuk meyakini temuannya bekerja secara akurat, mereka menunjukkan cara tersebut dengan memastikan kembali hal-hal yang sesuai pada persona online seseorang, melalui sebuah kuisioner.

(meg/meg)