Hari Donat Sedunia Kurang Populer di Indonesia

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Jumat, 03/06/2016 10:30 WIB
Tahukah Anda, Jum’at pertama di bulan Juni diperingati sebagai Hari Donat Sedunia. Tahun ini, Hari Donat Sedunia jatuh pada tanggal 3 Juni. Hari Jum'at pertama di bulan Juni diperingati sebagai Hari Donat Sedunia. (Thinkstock/Shaiith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tahukah Anda, Jum’at pertama di bulan Juni diperingati sebagai Hari Donat Sedunia alias Global Donut Day. Tahun ini, Hari Donat Sedunia jatuh pada tanggal 3 Juni.

Meskipun punya embel-embel kata ‘sedunia’, hari unik ini setiap tahunnya, paling banyak dirayakan di Amerika Serikat (AS).

Hari Donat ini dirayakan oleh organisasi sukarelawan Salvation Army di tahun 1938 guna menghormati anggota mereka, yang dengan setia menyediakan donat bagi para prajurit saat Perang Dunia I.


Di AS, umumnya, Hari Donat ini dirayakan toko-toko donat dengan membagikan donat gratis.

Tapi, di Indonesia, ternyata Hari Donat ini kurang familiar. Bukan hanya bagi masyarakat, tapi juga tidak mendapat perayaan istimewa di waralaba donat besar.

Dani, Store Manager Krispy Kreme Lotte Avenue mengatakan, tidak ada perayaan khusus Hari Donat di gerai mereka.

“Hanya ada promo mingguan biasa yang bekerjasama dengan kartu kredit dan provider ponsel,” ujarnya saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Tanggapan serupa diberikan gerai J.Co.

Waralaba donat asal Indonesia itu juga mengatakan tidak menggelar acara khusus di Hari Donat Sedunia.

Gerai donat yang menggelar promo spesial adalah Dunkin Donuts. Brand donat asal Amerika Serikat itu, setiap tahunnya merayakan Hari Donat lewat penawaran khusus. Tahun ini adalah kali keempat mereka merayakan Hari Donat.

“Setiap tahun ada, tapi penawarannya beda-beda. Tahun ini, kami memberikan donat gratis setiap pembelian minuman,” papar Kafi, Shift Leader Dunkin Donuts Tanjung Barat, kepada CNNIndonesia.com, Kamis (2/6).

Ternyata, penawaran istimewa itu tidak hanya di Indonesia, melainkan di seluruh jaringan Dunkin Donuts di Asia Pasifik.

"Kami sangat gembira merayakan keceriaan yang dihadirkan donat kepada semua orang di seluruh dunia,” kata Chris Fuqua, Vice President Global Consumer Insights & Product Innovation Dunkin' Brands.

Gerai donat yang telah berdiri selama 65 tahun itu juga memberikan Smiley Face Donut untuk menandai keceriaan yang dibawa donat ke wajah masyarakat.

Fuqua menambahkan, sepanjang 2015, Dunkin Donuts menjual lebih dari 2,8 miliar donat dan donat kecil di lebih dari 11.800 restoran yang tersebar di 44 negara di seluruh dunia. (les)