Trik Memilih Restoran Enak Saat Liburan

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 03/06/2016 13:50 WIB
Memilih restoran atau tempat makan di kota atau negara lain memang butuh trik agar tak terjebak masuk dalam restoran mahal tapi makanan tak enak. ilustrasi makan di restoran (Ali Inay/unsplash.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bertualang rasa di negeri orang memang cukup menantang. Namun berbekal rekomendasi dari internet, Anda bisa dengan mudah menemukan restoran dengan santapan yang nikmat.

Sayangnya seringkali rekomendasi di internet dengan kenyataan di lokasi itu berbeda. Bagaimana kalau ternyata Anda kesulitan menemukan lokasi yang dimaksud atau ternyata restoran tersebut tutup? Anda harus mencari akal untuk mendapatkan restoran atau tempat makan lain yang juga enak.

Mengutip Hong Kong Tourism Board, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar Anda tak terjebak masuk ke restoran atau tempat makan yang tak enak dan mahal.


1. Carilah antrean pengunjung yang panjang

Salah satu cara untuk menentukan restoran atau tempat makan tersebut menjual makanan enak atau tidak adalah dengan melihat jumlah pengunjung yang datang. Carilah tempat makan yang paling ramai.

Biasanya, antrean panjang pengunjung dan meja yang makan yang penuh akan setimpal dengan rasa makanan yang dinikmati. Tapi tentunya Anda harus bersabar, karena tempat makan yang ramai akan menunjukkan bahwa para pelayan membutuhkan waktu untuk melayani leebih banyak pelanggan. Biasanya juga, tenpat makan yang penuh ini akan punya rasa yang lebih enak dibanding yang lain.

2. Pilih pilihan penduduk lokal

Ketika berkunjung ke suatu negara atau kota, Anda juga tak bisa sembarang pilih restoran janya karena ramainya. Anda juga harus teliti melihat apakah restoran itu ramai dengan turis atau penduduk lokal.

Akan lebih baik jika Anda memilih tempat makan yang ramai dengan penduduk lokal. Dengan demikian Anda akan mendapatkan rasa asli makanan lokal sesuai cita rasa aslinya. Dan bukan restoran yang sudah mengubah rasa untuk menyesuaikan dengan lidah turis.

Jangan sungkan untuk bertanya restoran khas rekomendasi penduduk lokal.

3. Jangan buru-buru makan banyak

Saat melihat banyak makanan enak di satu restoran, jangan langsung kalap untuk memesannya. Mulailah dengan kudapan, misalnya bakso atau kacang. Makanan kecil ini akan membantu memulai petualangan kuliner Anda.

Ingat, masih ada banyak makanan yang harus Anda coba. Selain itu hindari juga untuk memesan makanan yang terlalu berat atau makanan ringan dengan porsi besar, kecuali Anda berbagi dengan teman.

4. Porsi sharing

Saat sedang jalan-jalan, biasanya Anda cenderung banyak pesan makanan yang pada akhirnya tak habis dimakan. Anda bisa menyiasati dengan memesan porsi sharing. Berbagi makanan dengan teman akan membuat Anda mencicipi semuanya tanpa merasa terlalu kenyang.

5. Pilih minuman sebagai urutan terakhir

Karena ada banyak makanan atau jajanan yang harus dicicipi, maka aturlah waktu makan dengan baik. Hindari membeli minuman terlalu banyak sebelum makan. Memesan minuman ini akan membuat Anda jadi lebih cepat kenyang saat sedang makan. (chs/chs)