Mengenal Tujuh Pasta 'Langka' dari Italia

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Jumat, 03/06/2016 19:30 WIB
Mengenal Tujuh Pasta 'Langka' dari Italia Corzetti adalah pasta berbentuk koin yang berasal dari Liguria, Italia. (Foodista via Wikimedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pada setiap restoran yang Anda kunjungi, khususnya yang menyajikan sajian makanan western, tak jarang akan menemui pasta dalam menunya.

Makanan khas Italia ini, nampaknya sudah diadopsi menjadi menu andalan yang sering dipilih pengunjung restoran, tak terkecuali di Indonesia.

Alasannya karena rasanya yang sudah familiar dengan lidah masyarakat Indonesia, lainnya karena proses penyajiannya yang praktis dan cocok dipadukan bersama berbagai jenis bumbu.


Umumnya, jenis pasta yang sering ditemui di restoran maupun supermarket adalah spageti, fetucini, fusili, juga makaroni. Padahal, masih banyak jenis pasta lain dari negara yang terkenal dengan Menara Pisa ini.

Setidaknya, terdapat tujuh jenis pasta ‘langka’ yang awam diketahui masyarakat dunia, dilansir dari Daily Meal:

1. Corzetti
Pasta asal Liguria, Italia ini memiliki bentuk yang pipih dan dicap menyerupai koin. Sekilas pasta ini terlihat seperti kentang potong, paling cocok dimasak dengan bumbu aglio olio ataupun saus pesto, yang juga berasal dari Liguria.

2. Caccavelle
Pasta jenis ini merupakan pasta kering terbesar di dunia, memiliki ukuran lebih dari empat inci atau 10 centimeter. Pasta Neapolitan ini menyerupai cangkang bergerigi besar, dan biasanya diolah menjadi masakan yang dipanggang, seperti lasagna.

3. Candele
Candele ini merupakan pasta yang berbentuk menyerupai lilin, panjang dan meruncing dibagian ujungnya.

4. Cellentani
Berbentuk tabung bengkok dan bergerigi, pasta ini menyerupai makaroni yang lebih panjang dan memiliki siku. Idealnya, pasta ini untuk olahan seperti makaroni dengan keju.

5. Busiate Trapanese
Pasta jenis ini populer di bagian barat kota Sisilia, Italia, yang memiliki bentuk panjang dan memutar. Terbuat dari tepung gandum durum dan air, tanpa telur. Pasta ini cocok disajikan segar dengan tomat, bawang putih dan almond.

6. Pasta Al Ceppo
Pasta jenis ini memiliki bentuk yang persis menyerupai batang kayu manis. Bentuknya yang berlubang di bagian tengah, membuat pasta ini sangat cocok dengan saus kental dan gurih. Selain itu, pasta ini lebih cocok disajikan dengan cara dipanggang.

7. Quadrefiore
Dikenal dengan bentuknya yang unik, mirip seperti kue kering. Pasta ini memiliki enam hingga tujuh bagian bergelombang dengan bentukan yang padat. Quadrefiore merupakan jenis pasta yang akan menyerap saus, sehingga lebih cocok dimasak dengan saus kental dan bercitarasa tajam. Namun hati-hati memasaknya, jika kurang matang, pasta ini akan terasa keras dan liat seperti karet. (les)