'Kucing' dan 'Tikus' Sulap Bus Bekas Jadi Hotel Impian

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Rabu, 08/06/2016 08:03 WIB
Tai Tai Mountain Park di China menyulap bus bekas menjadi hotel unik dengan tema tokoh kartun populer, dari Hello Kitty, Doraemon, hingga Mickey Mouse. Hello Kitty, Doraemon dan Mickey Mouse menjadi tema utama sebuah hotel unik di Provinsi Shanxi, China. (REUTERS/Tyrone Siu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di China, ada satu lagi destinasi wisata yang wajib dikunjungi, yakni sebuah hotel unik di Provinsi Shanxi.

Hello Kitty dan Mickey Mouse adalah dua karakter yang dikenal nyaris semua orang di dunia. Alasan itu jugalah yang membuat sebuah resort di China menjadikan dua karakter tersebut sebagai daya tarik utama.

Tapi, bukan sebagai maskot, melainkan menjadi bagian dari hotel unik.


Pemilik Tai Tai Mountain Park di Taiyuan, Provinsi Shanxi, telah mengubah lebih dari 30 bus bekas menjadi hotel-hote mini. Di dalamnya terdapat fasilitas lengkap, mulai dari dapur, kamar mandi, serta tempat tidur bertema unik.

Setiap bus tersebut punya tema berbeda, namun kebanyakan bertema karakter kartun populer seperti Hello Kitty, Mickey Mouse dan Doraemon.

Tokoh kartun tersebut menjadi mural pada bagian eksterior bus yang disulap menjadi kabin. Sementara figurin tokoh-tokoh itu menghiasi interior kabin, mulai dari piranti makan hingga boneka yang berada di sisi tempat tidur.

Guolin Han, presiden Tai Tai Mountain Park punya alasan tersendiri kenapa dia menjadikan tokoh kartun sebagai tema hotelnya, serta memilih bus sebagai kabin.

“Bus-bus bekas ini harganya murah dan bisa kami ubah jadi sesuatu yang sama sekali berbeda. Selain itu, ini juga cara bagus untuk mengelola limbah,” kata Han, dilansir CNN.

Dia menambahkan, setiap bus membutuhkan biaya sebesar US$9000 (Rp119 juta) untuk renovasi. Tapi, biaya tersebut sebanding dengan keuntungan yang dia dapatkan.

Jika tertarik menginap, Tai Tai Mountain Park membanderol kamarnya seharga US$43 (Rp567 ribu) per malam. Umumnya, tamu yang menginap adalah para backpacker, pasangan dan keluarga.

Dibuka awal Mei lalu, Tai Tai Mountain Park mendapatkan banyak respon positif. Mereka selalu penuh di akhir minggu.

“Untuk itu, lebih baik memesan sebelum datang,” kata Han.

Di samping itu, Han juga punya target ambisius. Hingga 1 Juli mendatang, dia berharap bisa mengubah hingga 200 kendaraan menjadi kabin unik di Tai Tai Mountain Park.

Bukan hanya bus, tapi juga kendaraan besar lainnya seperti traktor, truk dan bahkan pesawat terbang.

Ada tujuan lain dari ambisi besar itu.

Chongfeng Yue, Wakil Presiden Tai Tai Mountain Park mengatakan mereka juga bertujuan membuat museum kendaraan di taman wisata, yang sekaligus berfungsi sebagai hotel.

“Semua kendaraan kuno ini akan menjadi sangat berharga di masa depan,” tegasnya.

[Gambas:Youtube] (les)