Dampak Negatif Komentar Orangtua Soal Berat Badan Anak

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Jumat, 10/06/2016 19:30 WIB
Sebuah studi mengungkapkan, banyak wanita dewasa yang tidak suka mengingat komentar orang tua tentang tubuh mereka saat masih anak-anak. Ilustrasi. (Thinkstock/Rostislav_Sedlacek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hampir setiap kaum wanita merasa tidak nyaman ketika ditanyakan hal yang bersinggungan dengan berat badan. Tak hanya menimbulkan rasa khawatir, namun kepercayaan diri juga terkadang langsung menurun ketika mendapat pertanyaan tersebut.

Kini, sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita merasa lebih tak senang ketika mengingat komentar orangtua mereka mengenai berat badannya saat anak-anak dengan ukuran mereka sekarang.

Studi ini pun menemukan bahwa anak-anak yang mengalami hal itu lebih rentan mengalami kelebihan berat badan di kemudian hari.


"Mengomentari berat badan wanita tidak pernah menjadi ide yang baik, bahkan ketika mereka masih muda," kata Kepala Penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Eating and Weight Disorders, Brian Wansink.

Penelitian ini meminta 501 wanita dengan rentang usia 20-35 tahun untuk menyampaikan tentang kepuasan tubuh mereka, kebiasaan makan, dan indeks berat tubuh mereka.

Para responden juga diminta untuk mengingat ketika orangtua mereka mengomentari tentang berat badan atau seberapa banyak mereka makan saat kanak-kanak.

Dari ratusan orang itu, 28 persen di antaranya menyatakan kurang menyukai untuk mengingat pernyataan orangtuanya yang mengatakan mereka makan terlalu banyak.

Sedangkan sisanya, seperti dilansir Independent, wanita yang ingat dengan komentar orang tua mereka merasa kurang puas dengan ukuran tubuh mereka kini.

Dr Wansink pun menambahkan, jika Anda merasa khawatir tentang berat badan anak Anda, hindari mengkritik mereka atau membatasi makanannya.

"Sebaliknya, menyinggung pilihan dan perilaku yang sehat dengan cara memberikan mereka kebebasan untuk memilih sendiri dengan membuat pilihan sehat lebih menarik, dan lebih dapat memberikan rasa nyaman," katanya. (meg/meg)
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK