Disneyland Shanghai Dibuka dengan Teknologi Baru

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Kamis, 16/06/2016 15:46 WIB
Beberapa wahana di Disneyland Shanghai dibuat dengan teknologi tinggi, yang berbeda dengan wahana-wahana di Disneyland negara lain. Beberapa wahana di Disneyland Shanghai dibuat dengan teknologi tinggi, yang berbeda dengan wahana-wahana di Disneyland negara lain. (REUTERS/Aly Song)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah lima tahun masa konstruksi dan beberapa kali penundaan, Shanghai Disney Resort akhirnya resmi dibuka untuk publik mulai hari ini, Kamis (16/6). Taman bermain yang dibangun di atas tanah seluas 3,9 kilometer persegi ini terdiri dari Disneyland, Disneytown, Wishing Park Star dan dua hotel.

Disney menyebut, taman bermain ini merupakan tempat terbesar yang mereka miliki. Dilansir dari CNN, beberapa teknologi terbaru yang digunakan, membuat tempat ini memungkinkan pecinta Disneyland merasakan wahana yang lebih lengkap.

Seperti misalnya wahana Pirates of the Caribbean: Battle for the Sunken Treasure. Wahana ini berbeda jauh dengan Pirates Ride yang dibuat oleh Walt Disney sendiri pada 1960.


Dibuat dengan versi hi-tech, wahana ini menjadi daya tarik terbesar di Shanghai Disneyland yang dibangun pada lahan seluas 16.340 meter persegi.

Suguhan kapal dikendalikan dengan sistem magnetis, sehingga dapat berputar ke seluruh penjuru, memaksimalkan pandangan Anda pada semua adegan yang menampilkan teknologi animasi terbaru.
REUTERS/Aly Song
"Bahkan jika Anda sudah berada di semua wahana di dunia ini, ini akan menjadi kejutan yang tak terduga," kata pakar taman bermain, Stefan Zwanzger atau yang kerap disapa 'Theme Park Guy'.

"Saya pikir setiap penggemar Disney akan menjadi gila tentang hal itu. Ini benar-benar layak untuk pergi ke Shanghai demi perjalanan istimewa ini," tambahnya.

Perbedaan menonjol Shanghai Disneyland ini juga akan dirasakan berdasarkan apa yang dijanjikan oleh Disney Executive. Suasana 'authentically Disney and distinctly Chinese", diawali dengan pengalaman istana dengan ukuran yang menakjubkan.

Menurut laporan pengembang taman, Shanghai Disneyland's Enchanted Storybook Castle menjadi istana tertinggi dan paling interaktif dari semua taman bermain milik Disney.

Istana ini memiliki meja pelayanan restoran dan sebuah Bibbidi Bobbidi Boutique, salon putri untuk anak-anak. Ditambah dengan ornamen tertinggi yaitu pancaran bintang-bintang di puncak yang terbuat dari peony emas, seakan menyapa negeri China.

Sementara itu, ada beberapa wahana yang tak ditemukan pada taman lainnya seperti Alice in Wonderland Maze yang terinspirasi dari film besutan Tim Burton. Wahana ini mengajak para tamu berjalan menyusuri pagar terpahat, dinding taman batu, bunga raksasa, patung, hingga merasakan 'Tea Party Mad Hatter'.
(REUTERS/Aly Song)
Satu yang paling ditunggu, ialah TRON Lightcycle Power Run coaster, yang diadaptasi dari film TRON. Telah dikatakan bahwa wahana ini menjadi 'coaster' tercepat di Disney, yang menempatkan pengendara di atas dua-roda 'lightcycles' dan diluncurkan ke ruang angkasa yang penuh lampu, proyeksi juga efek suara.

Seperti Disneyland lainnya, Shanghai Disneyland ini pun dibagi menjadi enam area bertema seperti Adventure Isle, Fantasyland, Gardens of Imagination, Tomorrowland, Treasure Cove dan Mickey's Avenue.

Disneytown dan Wishing Star Park

Terletak disamping taman Disneyland utama, Disneytown memiliki 50 toko dan restoran, lokasi ini turut menyertakan toko World of Disney pertama di Asia dan toko Lego terbesar di dunia.

Dalam Disneytown, akan pula ditemukan Walt Disney Grand Theatre, tempat kali pertama produksi Mandarin dari Broadway 'The Lion King'. Tak hanya itu, danau Wishing Star Park pun disuguhkan menjadi area rekreasi untuk berjalan-jalan melalui lahan basah, hutan, dan padang rumput.

Usai dimanjakan oleh sajian suasana Disneyland yang berbeda, ada juga Shanghai Disney Resort yang memiliki dua hotel. Kemegahan keduanya terinspirasi dari Art Nouveau Shanghai Disneyland Hotel, terletak di Wishing Star Lake.
REUTERS/Aly Song
Tak hanya itu, pada properti yang memiliki tiga lantai dan 420 kamar tamu ini, terdapat tujuh suite dan empat restoran bertema. Suguhan sensasi sarapan berkarakter pun akan menyambut Anda dipagi hari olahan dapur Lumiere, ditambah dengan kolam renang dengan tema 'Lion King'.

Namun, jika Anda ingin bersantai pada suasana berbeda, Hotel Toy Story dengan 800 kamar juga dapat menjadi satu pilihan menarik, tentunya dengan dekorasi dari karakter film tersebut.
(meg)