Menilik Makanan Terbaik Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Senin, 20/06/2016 13:47 WIB
Menilik Makanan Terbaik Sebelum dan Sesudah Berolahraga Salmon adalah makanan yang tepat dimakan usai berolahraga. (Thinkstock/Picjumbo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Melakukan gaya hidup sehat membutuhkan disiplin dan komitmen. Namun, jika sudah dijalani, tubuh sehat dan terjauh dari risiko penyakit kronis bukan lagi sekadar mimpi. Selain itu, gaya hidup sehat juga terbukti bisa menurunkan bobot tubuh dan menjadikan penampilan terlihat lebih baik. Satu hal yang harus diingat, tidak ada hasil instan.

Kunci gaya hidup sehat ini adalah menggabungkan diet sehat dan seimbang serta olahraga teratur. Untuk itu, makanan sebelum dan sesudah olahraga juga harus jadi perhatian.

Dilansir dari Independent, Pelatih dan Pencipta 'Skinny Bitch Collective', Russel Bateman memberikan tips untuk mengetahui makanan apa yang baik untuk dikonsumsi sebelum dan sesudah latihan atau olahraga.


Sebelum Olahraga

1. Kacang
Menurut Bateman kepada Business Insider, kacang-kacangan adalah sumber makanan yang baik dan memiliki lemak sehat. Selain itu, kacang membantu menjaga kadar gula darah tubuh lebih stabil untuk jangka waktu yang lama.

Bateman menyarankan ‘ngemil’ segenggam almond organik ataupun kacang macadamia dengan espresso organik, karena kafein bisa merangsang sistem saraf pusat dan dapat meningkatkan kinerja atletik.

2. Telur
Tak sedikit orang yang saat diet hanya menggunakan putih telur, kuning telur dianggap lemak. Namun, Bateman menyarankan sebaiknya mengonsumsi telur secara utuh sebelum berolahraga.

"Membuang kuning telur adalah kesalahan besar. Telur penuh nutrisi seperti vitamin D, yang dapat membantu meningkatkan massa otot,’ kata dia.

Setelah Berolahraga

1. Protein
Menurut Bateman, protein yang berasal dari susu sapi misalnya dapat membantu memperbaiki tubuh setelah latihan yang melelahkan.

"Kandungan protein, ideal dikonsumsi setelah latihan karena dicerna dengan cepat, selain itu juga mendukung sistensis dan perbaikan jaringan," kata Bateman. "Ini juga baik untuk menumbuhkan otot, jika Anda bertujungan menurunkan berat badan," tambahnya.

2. Salmon
Menurutnya, salmon adalah salah satu yang terbaik untuk dikonsumsi, terutama untuk Anda yang ingin tetap ramping dan sehat. Baik dipanggang, bakar ataupun diasap, ikan berminyak ini adalah sumber yang kaya protein dan asam lemak Omega-3, untuk membantu melindungi membran sel tubuh dan mencegah penyakit.

3. Sayuran Hijau
Untuk mendampingi menu salmon, kata Bateman, pastikan pula Anda mengonsumsi banyak sayuran hijau seperti kangkung, brokoli dan bayam.

"Sayuran berdaun hijau, kalori untuk kalori, mungkin sumber yang paling terkonsentrasi gizi dari makanan," kata Bateman.

"Sayuran juga tinggi akan mineral dan dikemas dengan enzim, dan sumber prima untuk membantu Anda menghilangkan lemak dan merasa lebih bugar."


(les)