Mudik Gunakan Motor Bisa Ganggu Psikologi Anak

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Senin, 20/06/2016 14:36 WIB
Mudik Gunakan Motor Bisa Ganggu Psikologi Anak Mudik menggunakan motor bisa membahayakan kesehatan anak. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerhati perempuan dan anak yang juga Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo meminta para orang tua tidak membawa anak mudik menggunakan motor.

"Orang tua jangan membawa anak mudik dengan sepeda motor, apalagi untuk perjalanan jauh karena sangat melelahkan bagi anak," ujar Giwo di Jakarta, akhir pekan lalu, seperti dilansir dari Antara.

Anak akan terpapar debu sepanjang jalan dan membahayakan psikologinya.


Kemudian apabila anak ikut mudik menggunakan angkutan umum, upayakan agar anak tidak ikut berdesak-desakan.

"Siapkan mainan yang disukai anak untuk menemaninya sepanjang perjalanan." Hal itu bertujuan agar anak tidak merasa bosan selama perjalanan.

Kemudian jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan mobil dalam kondisi baik. Periksa kondisi mobil seperti mesin, oli mesin, serta ban cadangan. Periksa juga perlengkapan dalam mobil.

"Sebagai edukasi, jelaskan pada anak ciri khas mengenai kota-kota yang dilalui. Selain bisa menambah pengetahuan anak, cara ini juga bisa membuang rasa jenuh anak," katanya.

Dia juga meminta para orang tua sering beristirahat di tempat-tempat yang telah disediakan.

"Persiapkan makanan secukupnya, hindari membeli makanan di jalan yang berpotensi membahayakan kesehatan," imbuh dia.

Giwo berharap para orang tua bisa mewujudkan mudik ramah anak pada musim mudik kali ini, karena dari tahun ke tahun tradisi mudik di Indonesia sarat dengan potensi kecelakaan dan tidak ramah anak. (les)