Hari Pertama JGOS 2016 Banjir Pembeli

Endro Priherdityo , CNN Indonesia | Rabu, 22/06/2016 17:48 WIB
Hari Pertama JGOS 2016 Banjir Pembeli
Jakarta, CNN Indonesia -- Pekan belanja daring Jakarta atau Jakarta Great Online Sale (JGOS) 2016 yang dimulai pada Senin (20/6) langsung banjir pembeli. Dibandingkan tahun lalu, terjadi kenaikan penjualan hingga belasan kali lipat.

"Lonjakan transaksi dari mobile dibandingkan dengan hari pertama JGOS tahun lalu, mencatat kenaikan transaksi hingga 15 kali lipat," kata Danu Wicaksana, managing director Berrybenka, seperti rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (22/6).

JGOS 2016 kali ini adalah perayaan ke-empat kalinya. Dimulai pada 2013 dengan 11 e-dagang, tahun ini JGOS menggandeng 100 e-dagang yang siap menghujani calon pembeli dengan berbagai promo.

Berbagai tawaran menarik ditawarkan untuk meningkatkan jumlah transaksi pembelian melalui daring. Mulai dari voucher elektronik, layanan tanpa minimum pembelian, bebas biaya antar, hingga diskon besar-besaran sampai lebih dari 90 persen.

Tahun ini pula, menurut Danu, terjadi kenaikan aktivitas berbelanja daring dari berbagai mode perangkat. Namun secara umum, penjualan via mobile phone menyumbang 65 persen dari total penjualan di hari pertama JGOS tahun ini.

"Temuan menarik lainnya, Bandung dan Semarang masuk dalam lima kota dengan transaksi terbanyak. Hal ini tergolong baru karena menurut data kami, umumnya pembeli berasal Jabodetabek dan Surabaya," kata Danu.

'Ngabuburit' Jadi Waktu Belanja Favorit

Bukan cuma terjadi peningkatan capaian lokasi pelanggan, namun JGOS ini juga sanggup membuat pelanggan melek hingga tengah malam. Danu mengatakan, tren sibuk berbelanja bertambah.

Bila sebelumnya pelanggan banyak kebanyakan datang ke toko daring pada waktu makan siang sekitar pukul 11.00 hingga 15.00, namun kali ini waktu ngabuburit juga digunakan untuk berbelanja daring.

"Pada Juni ini kami melihat kenaikan traffic pada pukul 17.00 dan 21.00. Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena momen ngabuburit dan selepas tarawih di bulan puasa ini," papar Danu.

Guna mengantisipasi membeludaknya pengunjung dan gangguan akses, pihak laman dagang mode tersebut memberlakukan perpanjangan layanan pelanggan yaitu pukul 08.00-22.00 selama Ramadan. Selain itu, mengantisipasi edisi lebaran, pihak Danu juga menambah jam layanan yaitu pukul 08.00-17.00 pada 4-8 Juli 2016.

Selama dua tahun terakhir pelaksanaan JGOS, kategori mode masih menjadi primadona yang diincar pelanggan untuk menghabiskan uang mereka di e-dagang dalam acara ini.

"Karena pelaksanaan JGOS tahun ini dan tahun lalu bersamaan menjelang lebaran, jadi paling tinggi minatnya itu busana muslim," kata Jason Lamuda, CEO Berrybenka, saat berbincang dengan CNNIndonesia.com pada peresmian JGOS 2016 di Balai Agung Jakarta, belum lama ini.