Berwisata ke Lokasi Bunuh Diri Paling Populer di Dunia

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Jumat, 24/06/2016 09:02 WIB
Kendati terkesan menyeramkan, lokasi bunuh diri kerap dijadikan destinasi wisata, seperti Hutan Aokigahara di Jepang atau Air Terjun Niagara di AS. Air Terjun Niagara di Amerika Serikat kerap dijadikan sebagai lokasi bunuh diri. (REUTERS/Charles Platiau)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bunuh diri menjadi salah satu fenomena penyebab kematian terbanyak di dunia. Banyak hal yang mengarah pada kasus bunuh diri. Namun umumnya, kecenderungan menghabisi nyawa sendiri, terjadi karena perasaan depresi atau pada orang dengan gangguan bipolar.

Umumnya, bunuh diri dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari menggantung diri hingga melompat dari tempat tinggi, seperti gedung bertingkat atau jembatan.

Tak jarang, orang-orang menjadikan sebuah lokasi menjadi tempat bunuh diri favorit. Salah satunya, Hutan Aokigahara di kaki Gunung Fuji, Jepang. Lokasi lainnya adalah jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat.


Kendati terkesan menyeramkan, lokasi bunuh diri favorit itu pun kerap dijadikan destinasi wisata.

CNNIndonesia.com merangkum lima lokasi bunuh diri yang kini populer sebagai destinasi wisata.

1. Hutan Aokigahara di Gunung Fuji, Jepang

Hutan yang dikenal sebagai 'Sea of Trees' atau laut pepohohan ini digambarkan sebagai hutan yang 'dihuni' oleh roh-roh yang marah. Hutan ini pun kerap jadi tujuan orang-orang yang ingin bunuh diri. Saking banyaknya jumlah pelaku bunuh diri di Aokigahara, polisi setempat menjaga secara ketat jalan masuk ke hutan tersebut.

Berdasarkan data Japan Times, angka percobaan bunuh diri di Aokigahara terus meningkat dari 100 kasus pada 2003 menjadi 247 kasus di tahun 2010.

Di Jepang, bunuh diri merupakan masalah sosial pelik, hal ini diduga karena ketatnya stigma sosial yang melekat pada penyakit mental dan peningkatan stres karena berhubungan dengan pekerjaan.

Pepohonan rapat di Hutan Aokigahara, Jepang kerap jadi lokasi bunuh diri sekaligus destinasi wisata bagi banyak orang. (Adrian Pelletier via Free Nature Stock)

2. Danau Hussainsagar di Telangana, India

Mengutip Deccan Chronicle, beberapa tahun terakhir angka percobaan bunuh diri di Danau Hussainsagar semakin meningkat. Danau ini bahkan disebut sebagai tempat bunuh diri paling populer di India. Hal ini menyebabkan polisi banyak berjaga-jaga di sekitar danau untuk mencegah orang datang dan menenggelamkan diri.

Tahun lalu, sebanyak 119 wanita dan 27 anak berhasil diselamatkan oleh polisi dari upaya bunuh diri. Tahun ini sudah 39 wanita dengan 14 anak yang diselamatkan. Alasan yang sering menjadi faktor mereka memilih mengakhiri hidup mereka sendiri ialah karena masalah ekonomi, kegagalan cinta, hingga kondisi rumah yang tidak menyenangkan.

3. Nanjing Yangtze River Bridge, China

Selain dikenal sebagai jembatan besar pertama yang dirancang dan dibangun murni oleh warga China, jembatan ini dikatakan pula sebagai salah satu spot bunuh diri paling terkenal di dunia.

Sejak konstruksi pertama pada 1968 hingga sekitar tahun 2006, dinyatakan ada sebanyak 2000 orang melompat dari jembatan setinggi 130 kaki atau 37 meter tersebut. Saking banyaknya kasus bunuh dir dari jembatang tersebut, pemerintah China membentuk 'The Suicide Catcher', untuk menangkap orang-orang yang melompat.

Penduduk Nanjing pun secara teratur berpatroli di jalan lintas jembatan tersebut, untuk mencegah pelompat bunuh diri. Selain Nanjing, Wuhan Yangtze River Bridge, yang juga melintasi Sungai Yangtze pun dikenal sebagai spot lain untuk bunuh diri dengan angka kematian hampir 25 kasus per tahun.

4. Air Terjun Niagara, di perbatasan Ontario, Kanada dengan New York, AS

Air terjun terbesar yang telah menjadi lokasi wisata terkenal di dunia ini, ternyata menyimpan sebuah fakta mengerikan. Setiap tahunnya, ada sekitar 20-15 orang yang melompat ke dalam air yang bergolak di bawah air terjun tersebut. Kejadian ini telah berlangsung sejak 1856, dengan angka kejadian tertinggi pada 1995, sebanyak 2780 kasus.

5. Sunshine Skyway Bridge, Tampa Bay, Florida (AS)

Keindahan Sunshine Skyway Bridge yang dibuka pada 1987, kerap dijadikan menjadi lokasi yang paling populer untuk syuting iklan dan film. Tak hanya itu, lokasi ini ternyata juga terkenal sebagai tempat untuk bunuh diri. Sampai 2009, tidak kurang dari 207 orang bunuh diri dengan melompat dari jembatan ke perairan Tampa Bay dibawahnya. (les)