Yang Buat Roti Bakar Terasa Lebih Enak Dibanding Roti Tawar

Christina Andhika Setyanti | CNN Indonesia
Rabu, 29 Jun 2016 17:15 WIB
Meskipun sama-sama dalam 'keluarga' roti, namun secara ilmiah, roti panggang dianggap jauh lebih baik dari roti tawar. ilustrasi roti bakar (lou_zeni/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Roti tawar memang enak dan lembut. Apalagi jika ditambah dengan olesan selai atau mentega dan cokelat. Namun kenyataannya, roti tawar ternyata dianggap tak lebih lezat dan bergizi dibanding roti panggang.

Meskipun sama-sama dalam 'keluarga' roti, namun secara ilmiah, roti panggang dianggap jauh lebih baik dari roti tawar. Mengutip Metro, proses pemanggangan rotilah yang dianggap berperan melezatkan.

Bukan cuma soal rasanya yang lebih garing. Roti yang sudah dipanggang melewati proses yang disebut reaksi maillard, yang terbukti bisa membuat makanan jadi lebih lezat.

Sebenarnya proses tersebut sedikit banyak mirip dengan proses karamelisasi. Ini adalah sebuah reaksi kimia antara asam amino dengan gula dalam roti. Hal ini terjadi ketika rotinya dipanggang. Saat pemanggangan berlangsung, beberapa bentuk non enzim mengalami proses karamelisasi sehingga berubah warna jadi kecokelatan.

Hal ini akan menghasilkan aroma baru dan molekul rasa yang nikmat. Artinya, roti panggang akan memiliki rasa yang sangat berbeda dengan roti.

Ketika memanggang roti, furanones akan keluar. Keluarnya zat ini akan menyebabkan tercium dan terasanya aroma karamel. Berdasar catatan Reactions, proses ini akan berjalan baik ketika makanan dipanggang dengan suhu 110-170 derajat celcius. Dalam suhu ini, reaksi kimia akan berjalan lebih cepat dan panas akan menguapkan berbagai sisa kelebihan air dengan cepat.

(chs/chs)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER