25 Tempat Wisata Paling Populer di Dunia Tahun 2016

Christina Andhika Setyanti , CNN Indonesia | Rabu, 29/06/2016 14:14 WIB
25 Tempat Wisata Paling Populer di Dunia Tahun 2016 Great Barrier Reef (pniesen/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Melihat pantai dan laut kini tak hanya puas ketika Anda hanya dilihat dari permukaan saja. Melihat laut kini akan makin indah ketika Anda menelisiknya dari dekat di dalam air.

Ekosistem laut yang indah dengan tumpukkan karang, rumput laut, sampai ikan-ikan yang berenang dengan indahnya akan memukau Anda. Great Barrier Reef kini menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang indah. Lokasi ini juga menjadi warisan dunia versi UNESCO.

Menurut US News & World Report 2016-2017, Great Barrier Reef juga menjadi tujuan wisata bawah laut paling populer di dunia.

Namun saat ini, yang menyedihkan, karang-karang di tempat tersebut mengalami pemutihan. Ilmuwan Australia mengatakan hal ini terjadi karena meningkatnya suhu air laut. Ketika suhu air laut meningkat, alga kecil yang hidup di karang atau zooxanthellae pun terusir. Akibatnya karang pun berubah menjadi berwarna putih.

Karang-karang di tempat ini berada di area seluas 344.400 kilometer persegi dan membentang sepanjang 600 pulau, 3000 terumbu karang dan 150 pulau bakau di perairan pantai.

Mengutip CNN, selain Great Barrier Reef, US News & World Report juga memeringkatkan lokasi lain yang dianggap tempat terbaik untuk liburan. Peringkat ini didasarkan pada penelitian terhadap 250 tujuan menggunakan metodologi yang menggabungkan analisis dan pendapat ahli.

1. Great Barrier Reef, Australia
2. Paris, Prancis
3. Bora Bora, Polinesia Prancis
4. Florence, Italia
5. Tokyo, Jepang
6. Cusco, Peru
7. London, Inggris
8. Roma, Italia
9. New York
10. Maui, Hawaii
11. Cape Town, Afrika Selatan
12. Barcelona, ​Spanyol
13. Sydney, Australia
14. Rio de Janeiro, Brasil
15. Yellowstone National Park, AS
16. Amsterdam, Belanda
17. Hong Kong
18. Kairo, Mesir
19. Washington, DC
20. Grand Canyon National Park, AS
21. British Virgin Islands
22. Bali, Indonesia
23. San Francisco, California
24. Argentina Patagonia, Argentina
25. Budapest, Hongaria

Selain itu, US News & World Report juga menetapkan lokasi paling populer di beberapa negara. Grand Canyon National Park ditetapkan sebagai tempat terpopuler di Amerika. Sedangkan Virgin Island adalah tempat populer di Karibia dan Vancouver adalah tempat terpopuler di Kanada. Tempat terpopuler di Eropa adalah Roma, sedangkan Afrika Selatan berada di peringkat pertama tempat terpopuler di Afrika dan Timur Tengah.

Yang menggembirakan, Bali menjadi tempat paling populer se-Asia. Sedangkan untuk Amerika Selatan, Kepulauan Galapagos adalah tempat paling favorit, dan Oaxaca adalah tempat paling populer di Meksiko.