Mengatur Pola Makan Saat Terjebak Kemacetan Mudik

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Minggu, 03/07/2016 15:51 WIB
Mengatur Pola Makan Saat Terjebak Kemacetan Mudik Rasa bosan saat macet bisa meningkatkan keinginan untuk ngemil. (Thinkstock/Choreograph)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mudik atau pulang kampung jelang hari raya seperti Lebaran, telah menjadi suatu kebiasaan unik yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia. Biasanya, mudik di waktu menjelang Lebaran memakan waktu perjalanan lebih lama dibanding pada waktu normal.

Lamanya waktu tersebut, ditambah dengan kemacetan, acap kali menimbulkan rasa bosan yang berujung pada kebiasaan ngemil. Padahal, secara tak sadar memakan camilan secara tak terkontrol membuat pola makan yang sudah dilakoni selama bulan puasa hancur seketika. Impian mendapatkan tubuh ideal saat hari Raya pun dapat pupus begitu saja.

Untuk itu, perlu beberapa siasat untuk menghindari ngemil saat bosan di perjalanan. Ahli nutrisi Jansen Ongko berbagi tips untuk Anda ketika berhadapan dengan kondisi tersebut.


Pertama, pastikan Anda telah memenuhi kebutuhan makan harian Anda sebelum melakukan perjalanan mudik. Saran Jansen, makanlah sesuai waktu makan yang normal, kemudian perbanyak konsumsi sayuran.

"Makan makanan utama dengan konsep mindful eating atau dikunyah secara perlahan sambil menikmati makanannya, dan hindari lauk pauk yang terlalu berminyak atau mengandung kadar gula yang tinggi," katanya saat dihubungi oleh CNNIndonesia.com, belum lama ini.

Selanjutnya, untuk dapat menghindarkan camilan sebagai pelarian, selama macet, Anda dapat melakukan hal-hal lain yang dapat mengalihkan perhatian.

"Mendengarkan musik, bermain games, bercengkrama dengan yang lain atau bernyanyi ini bisa sebagai pilihan aktivitas untuk dilakukan selagi macet, ketimbang makan,” tutur Jansen.

Tak hanya itu, menurutnya keinginan untuk ngemil pun sebenarnya dapat diredam dengan meminum air lebih banyak selama perjalanan. Pasalnya, haus terkadang menyaru dengan rasa lapar.

"Namun, dengan banyak meminum air, problema yang akan dihadapi adalah keinginan untuk buang air kecil dan tentunya ini adalah hal yang paling tidak diinginkan saat macet," ungkap Jansen yang juga pencetus pola makan 'Eat the Rainbow'.

"Solusi yang dapat dilakukan adalah membawa tempat pembuangan air kecil yang portabel atau sering mampir ke rest area," tambahnya.

(les)