Ketahui Beda Manfaat Tidur Bagi Pria dan Wanita

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Minggu, 10/07/2016 08:08 WIB
Ketahui Beda Manfaat Tidur Bagi Pria dan Wanita Pria dan wanita ternyata punya kebutuhan tidur yang berbeda. (Thinkstock/IuriiSokolov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidur cukup diketahui memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi, ternyata pria dan wanita punya kebutuhan tidur yang berbeda. Sebuah studi yang dilakukan di Jerman menyebut tidur malam lebih baik bagi wanita dan tidur siang lebih bermanfaat bagi pria.

Para ilmuwan di Max Planck Institute, Munich, Jerman, menyebut bahwa wanita membutuhkan waktu tidur malam yang lebih panjang dibanding pria karena cara kerja otak yang lebih 'kompleks'. Tidur yang cukup di malam hari, bisa membuat otak wanita lebih sehat.

Sementara, pria mendapat lebih banyak manfaat dari tidur siang.


Peneliti menganalisis pola tidur dari 160 pria dan wanita dewasa untuk mengetahui bagaimana tidur memengaruhi kapasitas intelektual seseorang. Hasil studi mereka telah dipresentasikan di Forum of Neuroscience di Kopenhagen, Denmark.

Melansir laman Independent, studi tersebut dilakukan dengan memonitor pola tidur serta tes intelektual untuk mengetahui kemampuan logika dan memecahkan masalah. Dalam penelitian itu juga dilakukan pengukuran statistika tidur, termasuk aktivitas otak yang kemudian dikaitkan dengan berbagai jenis tidur dan kaitannya dengan gender.

Dari studi itu, diketahui gelombang otak wanita lebih tinggi jika mereka mendapatkan waktu tidur yang lebih panjang dan tidur yang lebih nyenyak. Sementara, hal yang sama, tidak ditemukan pada otak pria.

Namun, gelombang otak serupa ditemukan pada pria bila mereka tidur siang.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa tidur memang berkaitan dengan intelegensia. Namun, ternyata terdapat perbedaan yang signifikan antara kebutuhan tidur wanita dan pria,” ujar ketua peneliti Profesor Martin Dresler.

Dia juga menambahkan bahwa masih banyak hal lain mengenai tidur dan intelegensia yang belum diketahui manusia.

“Ada banyak faktor yang memengaruhi kecerdasan, salah satunya adalah waktu dan kualitas tidur. Studi ini memberi kita kerangka yang lebih akurat untuk studi selanjutnya yang akan lebih lanjut menganalisis mengenai pola tidur,” jelasnya.

Sebelumnya, awal tahun ini, peneliti di Loughborough University Sleep Research Centre menyebutkan, wanita lebih terbiasa melakukan multitugas dibanding pria. “Hal itu membuat otak wanita lebih banyak beraktivitas dan imbasnya, mereka butuh lebih banyak tidur,” kata Professor Jim Horne, ketua studi. (les)