17 Lokasi Baru dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 19/07/2016 14:41 WIB
17 Lokasi Baru dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO Lut Desert di Iran (Thinkstock/soldat007)
Jakarta, CNN Indonesia -- UNESCO kembali menambahkan berbagai lokasi wisata favorit dalam daftar UNESCO World Heritage. Tempat baru yang ditambahkan mulai dari naval dockyard di Antigua sampai gua di Rock of Gibratar.

The World Heritage Committee menyelenggarakan sesi ke-40 tahun lalu. Organisasi tersebut menambahkan daftarnya dengan mempertimbangkan alam, budaya dan berbagai situs bersejarah di dalamnya.

Mengutip Lonely Planet, dari situs yang ditambahkan di dalamnya termasuk karya arsitektur Le Corbusier yang ditemukan di Argentina, prancis, Jepang, dan lainnya. Karyanya dimasukkan ke dalam daftar karena kontribusi luar biasanya dalam gerakan modern. Ada 17 situs yang ditemukan di lebih dari tujuh negara. UNESCO mengungkapkan bahwa situs tersebut adalah testimonial untuk penemuan bahasa arsitektur yang berkolaborasi dengan masa lalu.


Khangchendzonga National Park yang ada di India Utara juga ditambahkan ke dalam daftar. Taman nasional ini ditambahkan karena adanya keanekaragaman lembah, danau, gletser, gunung, dan hutan kuno. Taman ini juga dilengkapi dengan adanya gunung Khangchendzonga, puncak gunung ketiga tertinggi di dunia. Gunung ini juga banyak dihubungkan dengan cerita mitologi.

Mistaken Point di Kanada juga masuk dalam daftar terbaru ini. Mistaken Point adalah sebuah situs fosil yang ada di selatan pulau Newfoundland. Situs ini memiliki kumpulan tertua dari fosil besar yang menggambarkan daerah aliran sungai dalam sejarah kehidupan bumi, organisme biologis kompleks, dan evolusi organisme mikro setelah hampir tiga miliar tahun.

Lokasi yang baru ditambahkan juga adalah Ahwar dari Irak Selatan. Lokasi ini terdiri dari tiga situs arkeologi dan empat rawa lahan basah. Daerah ini merupakan tempat perlindungan keanekaragaman hayati dan merupakan salah satu sistem pedalaman delta yang terbesar di dunia. Daerah ini merupakan situs arkeologi dari sisa kota Sumeria pada abad 3 dan 4 sebelum masehi.

Situs-situs baru lainnya yang ditambahkan adalah:
1. Antigua Naval Dockyard dan situs arkeologi terkait (Antigua dan Barbuda),
2. Pampulha modern Ensemble (Brasil),
3. Stecci - makam batu Medieval (Bosnia dan Herzegovina, Kroasia, Montenegro, Serbia),
4. Archaeological Site of Philippi (Yunani),
5. Antequera Dolmens Site (Spanyol),
6. Situs Arkeologi Ani (Turki),
7.  Gorham’s Cave Complex (Inggris),
8. Zuojiang Huashan Rock Art Cultural Landscape (China),
9. Situs Arkeologi Nalanda Mahavihara (Universitas Nalanda) di Nalanda,
10. Bihar (India),
11. Persia Qanat (Iran),
12. Nan Madol: Ceremonial Centre of Eastern Micronesia (Negara Federasi Mikronesia),
13. Hubei Shennongjia (Cina),
14. Archipielgo de Revillagigedo (Meksiko),
15. Lut Desert (Iran),
16. Western Tien-Shan (Kazakhstan, Kyrgyzstan, Uzbekistan), dan
17. Ennedi Massif: Natural and Cultural Landscape (Chad). (chs)