Menggandeng Wisatawan Manca Plesiran Kuliner ke Indonesia

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 21/07/2016 14:18 WIB
Menggandeng Wisatawan Manca Plesiran Kuliner ke Indonesia Rendang (Thinkstock/Paul Brighton)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak ada yang menyangsikan kekayaan kuliner Indonesia. Bagaimana tidak, memiliki 13.000 pulau dan rumah bagi 300 kelompok etnis dengan identitas budaya dan sajian kuliner yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

"Kunci utama dalam budaya sebuah negara adalah bahan makanan dan makanan yang unik," kata Menteri pariwisata Arief Yahya.

Untuk lebih memperkenalkan makanan Indonesia ke wisatawan mancanegara, kuliner Indonesia dipromosikan dalam sebuah program televisi berbayar yang disiarkan ke seluruh dunia, Wonderful Indonesia Flavours 2.


"Melalui seri ini kami berharap bisa berbagi cerita unik dan beragam lewat resep-resep otentik dari masing-masing daerah yang dikunjungi. Kami ingin memberikan sambutan hangat dan mengundang semua orang untuk berkunjung, mencicip makanan, menjelajah, dan merasakan petualangan di Indonesia."

Acara Wonderful Indonesia Flavours 2 ini akan dipandu oleh celebrity chef Rinrin Marinka, dan juga chef Tobie Puttock.

"Saya merasa terhormat dapat berbagi warisan negeri saya kepada pemirsa. Musim kali ini memiliki arti tersendiri bagi saya,” ujar Chef Rinrin.

Di musim kedua penyelenggaraannya, ada lima destinasi baru yang akan diperkenalkan kulinernya. Kelima daerah tersebut adalah Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta, dan Padang.

Kedua chef tersebut akan berkeliling ke berbagai kota untuk mencicipi berbagai makanan. Di Padang misalnya, mereka akan mencicipi Rendang Sapi sampai Gulai Ikan Karang.

"Chef Tobie dan saya melakukan perjalanan di kampung halaman saya, yakni Jakarta, untuk menemukan hidangan modern maupun tradisional," kata Rinrin.

Petualangan Rinrin dan Tobie di Jakarta seolah menjadi sebuah perjalanan menjelajah New York dari Timur. Di Jakarta mereka akan memperkenalkan dan mencari masakan khas Betawi yang mulai sulit ditemukan. Yang istimewa, hidangan khas Betawi ini merupakn kombinasi cita rasa asal Tionghoa, Melayu, Arab, dan Eropa.

    (chs)