Peneliti Belgia Temukan Cara Ubah Urin Jadi Bir

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 01/08/2016 23:35 WIB
Peneliti Belgia menciptakan mesin yang bisa mengubah urin menjadi air pengolah bir. Mesin ini bekerja dengan bantuan sinar matahari. ilustrasi bir (antonioandrade1/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perkembangan teknologi ternyata juga berdampk pada banyak hal, termasuk kuliner. Kali ini, sekelompok peneliti dari Belgian University menciptakan sebuah mesin yang bisa mengubah urin menjadi bir.

Mengutip The Daily Meal, mesin tersebut akan mengubah urin menjadi dua hal yaitu air yang bisa diminum dan pupuk. Dalam penggunaannya, mesin ini menggunakan energi matahari untuk memanaskan urin. Kemudian, urin akan mengalir melalui membran tipis untuk penyaringan.

Membran ini yang akan memisahkan air dari nutrisi lain yang terkandung di dalamnya. Air akan diolah menjadi air yang bisa diminum, kemudian nutrisi lainnya akan diubah menjadi pupuk.


Peneliti Sebastiaan Derese mengatakan bahwa mesin ini memiliki banyak potensi. Salah satunya adalah bisa membantu mengatasi kesulitan air kinum ke daerah pedesaan yang tak punya air bersih. Selain itu, air tersebut juga bisa digunakan untuk membuat bir.

Para penelti Belgia mengerjakan mesin tersebut selama dua tahun. Pengujian dilakukan dalam sebuah festival musik di Ghent. Dalam festival tersebut mereka bisa menghasilkan 1000 liter air. Dan mereka akan memulai program lanjutannya dengan mengujicoba mengubah air menjadi bir. (chs)