Alasan Junk Food Terasa Begitu Menggoda Usai Anda Berolahraga

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Minggu, 07/08/2016 04:12 WIB
Alasan Junk Food Terasa Begitu Menggoda Usai Anda Berolahraga ilustrasi olahraga (janeb13/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Usai berolahraga keras, selain lelah, Anda mungkin juga akan merasa lapar. Tapi umumnya usai olahraga Anda rasanya ingin langsung menyantap semua makanan, bukan? 

Begitu pun saat waktu malam tiba. Anda mungkin punya keinginan kuat untuk makan es krim ataupun makanan penutup lainnya yang segar. Rasanya Anda seperti ngidam ingin makan es krim. Bukan cuma itu, junk food lainnya juga terlihat sangat nikmat. Kenapa bisa begitu?

Berdasar studi yang dipublikasikan dalam Journal of Health Psychology, adalah hal yang normal jika Anda merasa ngidam makan tak sehat alias junk food usai olahraga. Dalam studi tersebut, peneliti meminta responden untuk memegang joystick dan melihat foto dari makanan biasa sampai ke makanan manis.


Joystick tersebut akan tertarik mendekati tubuh ketika responden melihat berbagai hal yang membuat mereka merasa senang. Setelah permainan kecil tersebut, separuh dari responden melakukan aerobik, kemudian dilakukan tes kembali. Hasilnya pasti sudah bisa ditebak.

Jadi mengapa tubuh Anda seolah ingin menghapus semua upaya kerja keras Anda saat olahraga? Mengutip Well and Good, ilmuwan penelitian tersebuit mengungkapkan hal ini bisa disebabkan karena tubuh Anda mencari cara untuk mengembalikan semua energi yang hilang dari dalam tubuh. Dan junk food adalah cara paling cepat untuk meningkatkan kalori dalam tubuh.

Hal ini tentu sebaiknya tak dituruti. Cara terbaik untuk mengalahkan keinginan tubuh yang tak sehat ini adalah dengan memberi asupan protein setelah olahraga.

(chs)