Tren Kuliner Unik, Alpukat Sebagai Pengganti Roti Burger

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 10/08/2016 17:18 WIB
Mengutip Lonely Planet, Belanda kini memiliki kreasi kuliner yang tak biasa, roti burger alpukat. Buah alpukat ini digunakan sebagai pengganti roti. ilustrasi burger (Pixabay/niekverlaan)
Jakarta, CNN Indonesia -- ‘Gila’ dan kreatif kini punya batas yang semakin tipis, khususnya dalam dunia kuliner. Beberapa tahun belakangan ini dunia kuliner diramaikan dengan berbagai kreasi ‘perkawinan’ antarmakanan. Sebut saja sushi donat dari Australia, cokelat kebab dari Inggris, dan Doughritos dari California.

Mengutip Lonely Planet, Belanda kini memiliki kreasi kuliner yang tak biasa, roti berbahan dasar alpukat. Food stylist Colette Dike dari Amsterdam, Belanda adalah otak di balik kreasi makanan sehat yang merupakan versi dari roti burger. Dia membuat kreasi cheeseburger klasik namun diolah dari 'roti' alpukat. Jangan bayangkan roti yang terbuat dari alpukat, namun burger ini benar-benar terbuat dari buah alpukat asli.

Selain burger keju, ada juga burger lain yang dibuat dari chickpea dan jagung manis kecil. Burger lainnya ditambahkan dengan keju feta, bacon, dan telur goreng.


Roti burger alpukat ini sudah pasti punya trik makan yang berbeda dengan roti burger pada umumnya. Sehingga Collet merekomendasikan untuk memperlakukan burger alpukat ini dengan ‘ramah.’ Dia menyarankan untuk menyantap burger dengan garpu seperti layaknya salad.

Dia mengaku suka untuk menciptakan berbagai jenis kreasi segar sekaligus klasik dalam ciptaannya. Dan kreasinya ini sangat populer di seluruh dunia. Beberapa orang merasa kaget dengan ide untuk mengganti roti burger tradisional dengan buah. Namun bagi pencinta buah, kreasi ini termasuk dalam makanan sehat yang mungkin akan disukai.

Sementara burger alpukat adalah ide yang cukup unik, di belahan dunia lainnya ada juga tren mengubah junk food menjadi makanan sehat. Tren ini diperkenalkan oleh food stylist dari Jepang Mitsuki Moriyasu. Salah satu kreasinya juga mengubah sayuran menjadi cake yang berwarna dan menarik. Dia menyebutnya vegedeco salad cafe. (chs)