Enam Hal Aturan Pergi Bersama Pasangan

Munaya Nasiri, CNN Indonesia | Jumat, 12/08/2016 08:53 WIB
Enam Hal Aturan Pergi Bersama Pasangan Ilustrasi. (Thinkstock/Pixland)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi sebagian orang, berwisata sendiri sangatlah mengasyikkan lantaran bisa menggunakan waktu sesuai keinginannya tanpa harus tergatung dengan orang lain. Namun, bagi sebagian lainnya justru berwisata bersama partner atau dalam grup, jauh lebih menyenangkan.

Terlebih lagi, beberapa mitos menyatakan bahwa kepribadian seseorang bisa terlihat secara jelas ketika bepergian selama beberapa hari.

Mengutip dari Huffington Post, bepergian bersama kekasih bisa memberikan efek positif pada hubungan. Ini disebabkan oleh komunikasi yang terus terjalin selama perjalanan dan adanya rasa ketergantungan satu dengan lainnya.


Pun melakukan perjalanan bersama kekasih juga bisa menguji kecocokan antarkeduanya, seperti memecahkan masalah atau membuat keputusan bersama.

Selain itu, pasangan juga bisa menghabiskan waktu mereka dengan berkualitas, serta belajar untuk menerima perbedaan, menghindari konflik sepele, dan tentu saja, saling jatuh cinta lebih dalam lagi.

Dari sanalah masing-masing akan menilai apakah kepribadian pasangan cocok untuk dijadikan teman hidup atau tidak.

Namun, perlu diperhatikan bahwa perjalanan yang dilakukan bersama-sama penuh dengan konsekuensi, apalagi jika Anda atau pasangan Anda hanya mementingkan diri sendiri saja. Tentu hal itu akan membuat pasnagan menjadi bosan.

Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan bersama pasangan, ada baiknya Anda mempersiapkan hal-hal berikut ini:

1. Buat aturan bersama

Bicara pada pasangan Anda tentang apa yang Anda harapkan dari perjalanan ini, pun sebaliknya. Sehingga tidak ada salah paham saat bepergian kelak.

2. Rencanakan waktu dan tempat yang ingin dikunjungi

Merencanakan perjalanan tentu salah satu bagian yang menyenangkan. Sebaiknya, Anda dan pasangan menulis dengan rinci tempat, acara, waktu, serta transportasi yang akan digunakan selama di sana. Pastikan Anda dan pasangan membuatnya dengan kesepakatan untuk menghindari konflik dan kekecewaan.

3. Tetapkan anggaran

Tentukan berapa banyak uang yang akan Anda dan pasangan habiskan secara rinci, seperti uang yang akan digunakan untuk makan pagi, uang untuk berkunjung ke situs wisata, dan lainnya. Sebaiknya, Anda juga mempersiapkan uang untuk beberapa kebutuhan tak terduga yang mungkin akan muncul.

4. Saling evaluasi

Jika ada beberapa keputusan yang mengganggu Anda, lebih baik langsung diselesaikan. Hal ini dilakukan agar semua masalah bisa segera teratasi dengan mengambil alternatif keputusan yang paling tepat untuk Anda dan pasangan.

5. Menyesuaikan diri

Bisa saja saat perjalanan berlangsung terjadi hal-hal yang tak terduga, misalnya kondisi cuaca yang tidak bagus. Tentu hal ini akan membuat Anda dan pasangan merasa kesal. Selain menyiapkan altrenatif rencana lain, Anda dan pasangan juga harus bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Pun setelahnya menyesuaikan rencana sesuai keadaan.

6. Selalu ada untuk pasangan

Saat bepergian mungkin Anda atau pasangan akan memiliki kesibukan masing-masing, misalnya sibuk berbelanja atau sekadar sibuk memotret. Sebaiknya, Anda atau pasangan sepenuhnya berbagi pengalaman bersama, bukannya saling meninggalkan.

Tentu saja hal-hal tersebut tak hanya berlaku untuk sepasang kekasih yang akan melakukan perjalanan bersama, namun juga bagi Anda yang ingin pergi bersama teman atau keluarga.

(meg)