Es Krim 'Keju Busuk' Jadi Primadona di Republik Ceko

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Jumat, 12/08/2016 21:23 WIB
Es Krim 'Keju Busuk' Jadi Primadona di Republik Ceko Es krim beraroma keju busuk jadi makanan favorit di Lostice, Republik Ceko. (stevepb/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Makanan tradisional di setiap negara bisa jadi daya tarik tersendiri bagi turis. Oleh karena itu, tidak heran bila wisata kuliner dijadikan andalan oleh beberapa kota.

Bagi pencinta makanan ekstrem, tidak ada salahnya mencicipi makanan unik yang ditawarkan di Lostice, kota kecil di Republik Ceko.

Melansir Reuters, makanan tersebut unik karena dibuat dari Tvaruzky, keju tradisional yang beraroma busuk. Bukan disajikan bersama roti atau pasta, keju Tvaruzky itu disuguhkan dalam bentuk es krim.


“Biasanya Tvaruzky disantap bersama roti, bawang atau bahkan bir,” kata Roman Cincara, pemilik kafe yang menawarkan menu unik tersebut.

Tvaruzky sendiri adalah keju tua berwarna kuning yang punya rasa dan aroma kuat. Bagi beberapa orang, aroma tersebut dianggap tidak sedap, bahkan busuk. Namun, setelah diolah menjadi es krim, Tvaruzky berubah menjadi lembut bahkan manis.

“Banyak yang mengira es krim ini rasanya asin, tapi sebenarnya es krim ini manis dengan aroma Tvaruzky yang khas,” sebut Cincara.

Dalam pembuatannya, Cincara menambahkan gula dan bahan-bahan lain guna menyeimbangkan rasa kuat keju tersebut. Sementara, aromanya yang busuk berkurang berkat suhu dingin es krim.

Awalnya, Cincara hanya bereksperimen. Namun, dia tidak menyangka es krim tersebut ternyata jadi makanan favorit di Lostice, yang merupakan kota asal Tvaruzky. Bahkan, kini setiap harinya Cincara bisa menjual hingga 400 porsi es krim unik tersebut.

Pembelinya pun tidak hanya dari warga lokal, melainkan juga turis yang penasaran dengan citarasa baru Tvaruzky.

“Rasanya enak. Campuran antara manis dan asin. Ini Tvaruzky yang sangat lezat,” kata salah satu konsumen, Lukas Pupik.

Lostice telah memproduksi keju Tvaruzky sejak abad ke-15. Bahkan Uni Eropa telah menganugerahkan status "protected geographical indication" pada Tvaruzky di tahun 2010. (les)