Big Mac Berumur Lima Tahun Jadi Benda Seni

Vega Probo, CNN Indonesia | Kamis, 18/08/2016 09:57 WIB
Big Mac Berumur Lima Tahun Jadi Benda Seni Ilustrasi Big Mac (Thinkstock/ehaurylik)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apa jadinya bila chef dan seniman ‘bersekutu’ bukan untuk menyuguhkan makanan, melainkan karya seni. Bisa jadi 'aneh,' sebagaimana isi pameran bertajuk Please Have Enough Acid in the Dish.

Pameran yang digelar di galeri seni M+B, di Los Angeles (LA), Amerika Serikat, mulai 7 Juli hingga 2 September 2016 ini menampilkan karya seni yang dikurasi oleh Vinny Dotolo, chef andalan restoran Animal yang juga berlokasi di LA.


Laman LA Times mengabarkan, pameran unik ini diikuti 37 seniman yang menggarap karya seni bertema makanan. Sesuai tajuk pamerannya yang ‘aneh,’ begitu pula instalasi seni yang dipamerkan. Jangan harap bakal menjumpai ‘makanan’ yang menggiurkan.


Salah satu instalasi menampilkan hamburger McDonald’s karya Charles Ray, Harold Ancart dan Matthew Brandt. Bukan hamburger buatan atau patung, melainkan hamburger sungguhan yang disimpan sejak 2011! Agak menjijikkan, sekaligus mencengangkan.


Ada pula karya seni berupa buah: peach karya Nevine Mahmoud dan semangka karya Shio Kusaka. Selain itu, ada pula gambar buatan Jonas Wood yang kekanak-kanakan, video pepaya garapan Ana Prvacki, serta keramik Mushroom Study kreasi Candice Lin.

Lainnya, ada karya Joel Kyack yang menampilkan kondom berisi kacang walnut serta benda lain menyerupai makanan berwarna biru dan kuning di atas piring putih. Karya seni ini disertai keterangan, "artisanal painted rag" dan "hand-carved foam beans."


Sementara karya Sean Raspet menjembatani antara seni dan makanan, menampilkan lima bunga berbeda. Pengunjung galeri bisa mengambil sampelnya. Salah satu bunga beraroma soda anggur yang menyenangkan. Bunga lain beraroma jamu dan rempah.

(vga/vga)