Jas Termahal PM India Catat Rekor Dunia

Rahman Indra, CNN Indonesia | Selasa, 23/08/2016 12:55 WIB
Jas Termahal PM India Catat Rekor Dunia Bergaya unik dengan garis tipis bertuliskan namanya, jas Perdana Menteri India Narendra Modi mengukir rekor dunia Guinness World Records. (REUTERS/Stringer/Files)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jas yang pernah dikenakan Perdana Menteri India Narendra Modi terjual dalam lelang dengan harga fantastis, mencapai Rp8,5 miliar rupiah. Guinness Book of World Records pun mencatatnya sebagai jas termahal di dunia.

Mengutip Indiatimes, sebagaimana dilansir dari kantor berita India ANI, baru-baru ini, jas tersebut dikenakan Modi saat bertemu Presiden AS, Barack Obama dalam kunjungan ke India, pada Januari tahun lalu.

Yang unik, bila diperhatikan lebih detail, jas tersebut berhiaskan rajutan benang emas tipis bertuliskan nama Modi.  Itu sempat menjadi bahan ejekan anggota parlemen oposisi Modi yang mengatakan sang perdana menteri sangat 'narsis.'


Jas tersebut dilelang pada Februari 2015 bersamaan dengan 400 barang lain milik Modi yang ia terima sejak menjabat Perdana Menteri. Hasil pelelangan digunakan untuk mendanai proyek pembersihan Sungai Gangga.

Siapa gerangan pembeli jas supermahal tersebut? Dia lah Laljibhai Patel, pemilik pesawat pribadi dan pengusaha berlian dari Gujarat. Pria beruntung ini membeli jas Modi senilai lebih dari 43 juta rupee atau setara Rp8,5 miliar.

Pengusaha berusia 62 tahun tersebut menyatakan siap memajang jas tersebut di pabrik miliknya, dengan mengatakan, "Ini menjadi kebanggaan tersendiri bahwa jas yang pernah dikenakan Narendra Modi sekarang menjadi milik saya."

Jas tersebut diketahui merupakan hadiah dari pengusaha India Ramesh Virani untuk Modi yang diberikan pada saat pernikahan putranya.

Obama pun memuji dan menunjukkan ketertarikannya terhadap jas yang dikenakan Modi. Dalam salah satu lawatan, ia mengatakan juga ingin mengenakan jas Modi yang dibuat oleh JadeBlue tersebut.


(rah/vga)